Potret Sikap Mahasiswa dalam Penggunaan Literasi Digital
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.667Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potret penggunaan literasi digital mahasiswa yang ditinjau dari kepemilikan media sosial, penggunaan perangkat teknologi, dan sikap mahasiswa dalam penggunaan perangkat teknologi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan pemberian kuisioner yang disertai alasan pemilihan jawaban yang dipilih. Data pada penelitian ini dianalisis secara deskriptif yang disajikan dalam bentuk diagram batang untuk menggambarkan potret pengunaan literasi digital pada mahasiswa program studi Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Kendari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa whatsapp merupakan media sosial yang paling digunakan mahasiswa dengan persentase sebesar 97,3%. Ditinjau dari penggunaan perangkat teknologi, mahasiswa menggunakan perangkat teknologi untuk keperluan pembelajaran yang dapat dimanfaatkan mahasiswa sebagai media pembelajaran mandiri, alat bantu pembelajaran, dan sumber belajar. Tinjauan sikap mahasiswa dalam penggunaan perangkat teknologi menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa telah memiliki sikap yang positif dalam menggunakan perangkat teknologi. Mahasiswa telah memiliki sikap menghargai perbedaan pendapat, menghargai privasi orang lain, memperhatikan resiko hokum dalam berkomunikasi, memiliki kemauan yang kuat, dan membaca konten secara cermat.Downloads
References
Akbar, M. F., & Anggaraeni, F. D. (2017). Teknologi dalam Pendidikan: Literasi Digital Dan Self-Directed Learning pada Mahasiswa Skripsi. Jurnal Indigenous, 2(1), 28-38. https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.4458
Dearstyne, B.,W. (2011). Smart phones: e new information revolution?.e Information Management Journal, vol. 39, hlm. 38-44
Febliza, A. & Oktariani. (2020). Pengembangan Instrumen Literasi Digital Sekolah Siswa dan Guru. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, Vol. 5, No. 1, 1-10
Hague, C., & Payton, S. (2010). Digital Literacy Across the Curriculum: a Futurelab Handbook. United Kingdom.
Hakim, H. A. B. (2017). Aplikasi Teknologi Informasi Di Perpustakaan Sekolah: Dari Otomasi Sampai Literasi Informasi. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.
Harjono, H. S. (2019). Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(1), 1-7. https://doi.org/10.22437/pena.v8i1.6706
Idris. (2015). Efektivitas Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 1, No. 2, 175-190
Juliana, K., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51-66.
Jumiatmoko. (2016). Whatsapp Messenger dalam Tinjauan Manfaat dan Adab. Wahana Akademika, Vol. 3, No. 1, 51-66
Kurnianingsih, I., Rosini. & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 3, No. 1, 61-76
Kurniawati, N., Maolida, E. H & Anjaniputra, A. G. (2018). The praxis of digital literacy in the EFL classroom: Digitalimmigrant vs digital-native teacher. Indonesian Journal Of Applied Linguistics, 8 (1), 28-37. https://doi.org/10.17509/ijal.v8i1.11459
Rahmah, A. (2015). Digital Literacy Learning System for Indonesian Citizen. Procedia Computer Science, 72, 94-101. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.12.109.
Sparks, J. R., Katz, I. R., & Beile, P. M. (2016). Assessing Digital Information Literacy in Higher Education: A Review of Existing Frameworks and Assessments With Recommendations for Next Generation Assessment. ETS Research Report Series, 2016(2), 1–33. http://doi.org/10.1002/ets2.12118
Setyaningsih, R., Abdullah, Prihantoro, E., & Hustinawaty. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal Komunikasi ASPIKOM, 3(6), 1200-1214. http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333
Tafonao, Talizaro. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 2, No. 2, 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Willems, J., Farley, H., & Campbell, C. (2019). The Increasing Significance Of Digital Equity In Higher Education. Australasian Journal of Educational Technology, 35(6), 1-8. https://doi.org/10.14742/ajet.5996.
Zhang, H. & Zhu, C. (2016). A study of digital media literacy of the 5th and 6th grade primary students in Beijing. Asia-Pacific Education Researcher, 25(4), 579-592.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.