PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM PEBELAJARAN MANAJEMEN USAHA KECIL DAN MENENGAH
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.67Abstract
Penerapan teknologi informasi khususnya e-commerce dalam pembelajaran dikelas manajemen usaha kecil dan menengah berhasil meningkatkan pemahaman mahasiswa. Pemberian materi yang sebelumnya hanya berdasarkan konsep dan teori dirubah dengan terobosan tugas praktik lapangan dengan bekerja sama dengan pelaku usaha komunitas UKM Kota Malang. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian ini memiliki kesimpulan penerapan teknologi informasi khususnya e-commerce dalam pembelajaran di kelas manajemen usaha kecil dan menengah memberikan dampak nyata kepada kemampuan dan tingkat pemahaman mahasiswa tentang materi perkuliahan, mahasiswa mendapatkan pengalaman dan wawasan langsung secara nyata tentang bisnis, mahasiswa mampu merancang dan menguji e-commerce prototype, mahasiswa terlibat secara langsung dalam membantu menyelesaikan permasalahan pelaku usaha khususnya bidang promosi dan komunikasi pelanggan, kelas manajemen usaha kecil dan menengah mampu menghasilkan media promosi yang bisa dimanfaatkan secara langsung oleh pelaku usaha.
Kata kunci: E-commerce, Manajemen Usaha Kecil dan Menengah
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratek. Jakarta: PT. Renika Cipta
Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Chandra, G., Tjiptino, F. & Chandra, Y. (2004). Pemasaran Global: Internasionalisasi dan Internetisasi. Ed. I. Yogyakarta: Andi
Desruelle, P. & Burgelman, C. J. (2001). The Impact of E-commerce on The Value Chain, The Journal of Policy, Regulation and Strategy for Telecomunication, Information and Media, 3 (6): 485-497.
Gaertner, N. dan Smith, M., (2001). E-commerce in a Web-based Environment: Auditing Relative Advantages in The Australian Health Sector, Managerial Auditing Journal, 16 (6): 347-365.
Ian, M. K., Philip, G., (2003). Bussines Transformation, Information teknology And competitive Strategies, learning to fly International journal of information Management.
Jinling, Chang et all, (2009). Modelling E-commerce Website Quality with Quality function Deployment, IEEE International Comperence on Deployment e – bussiness Engineering.
Kottler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Prehallindo.
Naim, Ngainun. 2011. Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Suryadi, Ace. (2002), Pendidikan, Investasi Sumberdaya Manusia dan Pembangunan. Jakarta: Balai Pustaka
Syamsudin. (2007). E- Commerce dan Pemasaran Produk usaha kecil dan menengah, journal Manajemen dan Bisnis, Surakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.