PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM PEBELAJARAN MANAJEMEN USAHA KECIL DAN MENENGAH

Authors

  • Endra Yuafanedi Arifianto
  • Mochammad Coiri

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.67

Abstract

Penerapan teknologi informasi khususnya e-commerce dalam pembelajaran dikelas manajemen usaha kecil dan menengah berhasil meningkatkan pemahaman mahasiswa. Pemberian materi yang sebelumnya hanya berdasarkan konsep dan teori dirubah dengan terobosan tugas praktik lapangan dengan bekerja sama dengan pelaku usaha komunitas UKM Kota Malang. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian ini memiliki kesimpulan penerapan teknologi informasi khususnya e-commerce dalam pembelajaran di kelas manajemen usaha kecil dan menengah memberikan dampak nyata kepada kemampuan dan tingkat pemahaman mahasiswa tentang materi perkuliahan, mahasiswa mendapatkan pengalaman dan wawasan langsung secara nyata tentang bisnis, mahasiswa mampu merancang dan menguji e-commerce prototype, mahasiswa terlibat secara langsung dalam membantu menyelesaikan permasalahan pelaku usaha khususnya bidang promosi dan komunikasi pelanggan, kelas manajemen usaha kecil dan menengah mampu menghasilkan media promosi yang bisa dimanfaatkan secara langsung oleh pelaku usaha.

Kata kunci: E-commerce, Manajemen Usaha Kecil dan Menengah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratek. Jakarta: PT. Renika Cipta

Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Chandra, G., Tjiptino, F. & Chandra, Y. (2004). Pemasaran Global: Internasionalisasi dan Internetisasi. Ed. I. Yogyakarta: Andi

Desruelle, P. & Burgelman, C. J. (2001). The Impact of E-commerce on The Value Chain, The Journal of Policy, Regulation and Strategy for Telecomunication, Information and Media, 3 (6): 485-497.

Gaertner, N. dan Smith, M., (2001). E-commerce in a Web-based Environment: Auditing Relative Advantages in The Australian Health Sector, Managerial Auditing Journal, 16 (6): 347-365.

Ian, M. K., Philip, G., (2003). Bussines Transformation, Information teknology And competitive Strategies, learning to fly International journal of information Management.

Jinling, Chang et all, (2009). Modelling E-commerce Website Quality with Quality function Deployment, IEEE International Comperence on Deployment e – bussiness Engineering.

Kottler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Prehallindo.

Naim, Ngainun. 2011. Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Suryadi, Ace. (2002), Pendidikan, Investasi Sumberdaya Manusia dan Pembangunan. Jakarta: Balai Pustaka

Syamsudin. (2007). E- Commerce dan Pemasaran Produk usaha kecil dan menengah, journal Manajemen dan Bisnis, Surakarta.

Published

2018-01-31

How to Cite

Arifianto, E. Y., & Coiri, M. (2018). PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM PEBELAJARAN MANAJEMEN USAHA KECIL DAN MENENGAH. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 77–85. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.67

Issue

Section

Artikel