IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL DI SEKOLAH DASAR SABBIHISMA PADANG
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.68Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari pandangan yang menganggap bahwa pelaksanaan full day school yang direncanakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, akan melahirkan rasa jenuh dan hilangnya waktu bermain anak di rumah. Untuk itu, penelitian ini menganalisa pelaksanaan full day school pada salah satu sekolah dasar di kota Padang, yakni SD Sabbihisma, sebagai upaya memperkenalkan keefesienan program full day school bagi anak-anak sekolah dasar. Melalui metode penelitian deskripitif kualitatif dan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Maka, hasil penelitian ini menemukan bahwa implementasi full day school yang dilaksanakan oleh SD Sabbihisma mampu memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan anak terutama dalam penanaman nilai-nilai karakter karena didukung oleh berbagai kegiatan dan suasana lingkungan sekolah yang menyenangkan, kekeluargaan dan kemandirian sehingga membuat siswa tidak merasa jenuh dan waktu bermain anak pun tetap terawasi oleh guru.
Downloads
References
Baharuddin. 2010. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Dionisios Loukeris, et al. 2009. Aspect of the Effectiveness of the Greek Holoimero (’All Day’) Primary School. Mediteranean Journal of Educational Studies. Vol. 14 (2), pp. 161-174. Diakses dari http://www.um.edu.mt/__data/assets/pdf_file/0011/89849/09__2_karabatzaki-syriou.pdf pada tanggal 11 Januari 2017 pukul 15.04 WIB.
Khusnul Mufidati. 2013. Full Day School dan Terpadu. Tesis. Surabaya: Program Studi Pendidikan Islam Program Pascasarjana STAIN Tulungagung.
Muhadjir Effendi. Full day school tak berarti belajar seharian di sekolah. http://nasional.kompas.com/read/2016/08/09/08530471/.full.day.school.tak.berarti.belajar.seharian.di.sekolah.ini.penjelasan.mendikbud (diakses pada tanggal 9 Januari 2017)
Muhadjir Effendi. Alasan usulan full day school. http://edukasi.kompas.com/read/2016/08/08/12462061/ini.alasan.mendikbud.usulkan.full.day.school (diakses pada tanggal 9 Januari 2017)
Suharjo. 2006. Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar Teori dan Praktek. Jakarta: DIKTI.
Sukur Basuki, Harus Proporsional sesuai Jenis dan Jenjang Sekolah,(http://www.strkN1lmj.sch. id/?diakses tanggal 9 Januari 2017 )
Syamsu Yusuf. 2007. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wiwik Sulistyaningsih. 2008. Fullday School Dan Optimalisasi Perkembangan Anak. Yogyakarta: Paradigma indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.