Implementasi Model Pembelajaran Komparasi yang Diintegrasikan dengan Pendekatan Kolaboratif Ditinjau dari Kemampuan Analisis Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.681Keywords:
Pendekatan kolaboratif, Model pembelajaran Komparasi, Kemampuan Analisis, dan Mata Kuliah Anatomi TumbuhanAbstract
Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah; 1. Untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran komparatif yang diintegrasikan dengan pendekatan kolaboratif pada mata kuliah Anatomi Tumbuhan ditinjau dari kemampuan analisis mahasiswa. 2. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan kolaboratif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian eksperimental. Subyek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa semester II regular program studi pendidikan Biologi FKIP Univet Bantara Sukoharjo angkatan 2017/2018 sebanyak 12 orang.Waktu penelitian mulai bulan April sampai Juli 2018. Hasil belajar (kemampuan Analisis) yang diukur adalah hasil pre test dan pos-tes setelah selesai proses pembelajaran dengan pendekatan kolaboratif yang berbasis komparatif. Tehnik pengumpulan data dengan test dan analisis data dengan Uji Mann Whetney. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; 1. Model pembelajaran Komparasi yang diintegrasikan dengan pendekatan kolaboratif pada mata kuliah Anatomi Tumbuhan sangat efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa 2. Model pembelajaran Komparasi yang diintegrasikan dengan pendekatan kolaboratif pada mata kuliah Anatomi Tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar (kemampuan analisis) mahasiswa secara signifikan dari rata-rata 63,08 menjadi 85,77
Downloads
References
Adi W. Gunawan. (2006). Genius Learning Strategi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Asmawi, M.R. Strategi Meningkatkan Lulusan Bermutu di Perguruan Tinggi. Makara, Sosial Humaniora, Vol. 9, NO. 2, Desember 2005: 66-71
Barkley, EF, Cross, KP and Major, CH. (2005). Collaborative Learning Techniques.USA: Jossey-Bass.
Cruickshank, D.R., Jenkins, D.B., and Metcalf, K.K. (2006). The Act of Teaching, Boston: Mc. Graw Hill.
Hayatin Nisa, Disman, Dadang Dahlan. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik. Manajerial, Vol. 3 No.5 Juni 2018, Hal - 157
Drake, E., and Battaglia, D. (2014). Teaching and Learning in Active Learning Classrooms. The Faculty Center for Innovative Teaching: Central Michigan University
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. (2015). Peraturan Menteri Ristek dan Dikti tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta.
Kusumaningrum, Maya , dan Saefudin, Abdul Aziz.. Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Matematika Melalui Pemecahan Masalah Matematika. Proseding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta, 10 November 2012. ISBN : 978-979-16353-8-7
Mc Laren, B. (2014). Collaborative Learning Whitepaper. Pennsylvania: Carnegie Mellon University.
Mustami, M.K.. Inovasi Model-Model Pembelajaran Bidang Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Lentera Pendidikan. Volume 12, Nomor 2. Tahun 2009
Rustaman, Nur Yani. (2000). Kontruktivisme Dan Pembelajaran IPA/Biologi. Makalah Seminar Loka karya Guru-guru IPA SLTP Sekolah Swasta di Bandung
_______. (2005). Stategi belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.
Soedijarto.(2000). Pendidikan Nasional Sebagai Wahana Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Dan Membangun Peradaban Negara Dan Bangsa. Jakarta.Cinaps.
Suwarto. (2012). Pengembangan Tes Diagnostik Untuk Mengungkap Kesulitan Siswa Dalam Memahami Reproduksi Sel. Orasi Ilmiah dalam Rangka Dies Natalis ke XLIV. Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.
_______2012. Kesulitas Siswa SMA Pada Materi Reproduksi Sel. Wawancara langsung.
Syafi’i , Ahmad, Marfiyanto, Tri, dan Rodiyah, Siti Kholidatur. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018.
Winarno, Surakhmad, (1986) Pengantar Penelitian Ilmiah , Bandung: Tarsito, hal.:84
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.