Implementasi Model Pembelajaran Komparasi yang Diintegrasikan dengan Pendekatan Kolaboratif Ditinjau dari Kemampuan Analisis Mahasiswa

Authors

  • Nur Rokhimah Hanik Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Sri Harsono Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.681

Keywords:

Pendekatan kolaboratif, Model pembelajaran Komparasi, Kemampuan Analisis, dan Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah; 1. Untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran komparatif yang diintegrasikan dengan pendekatan kolaboratif pada mata kuliah Anatomi Tumbuhan ditinjau dari kemampuan analisis mahasiswa. 2. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan kolaboratif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian eksperimental. Subyek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa semester II regular program studi pendidikan Biologi FKIP Univet Bantara Sukoharjo angkatan 2017/2018 sebanyak 12 orang.Waktu penelitian mulai bulan April sampai Juli 2018. Hasil belajar (kemampuan Analisis) yang diukur adalah hasil pre test dan pos-tes setelah selesai proses pembelajaran dengan pendekatan kolaboratif yang berbasis komparatif. Tehnik pengumpulan data dengan test dan analisis data dengan Uji Mann Whetney. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa;  1. Model pembelajaran Komparasi yang diintegrasikan dengan pendekatan kolaboratif pada mata kuliah Anatomi Tumbuhan sangat efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa 2.  Model pembelajaran Komparasi yang diintegrasikan dengan pendekatan  kolaboratif  pada  mata  kuliah  Anatomi Tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar (kemampuan analisis) mahasiswa secara signifikan dari rata-rata 63,08 menjadi 85,77

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi W. Gunawan. (2006). Genius Learning Strategi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Asmawi, M.R. Strategi Meningkatkan Lulusan Bermutu di Perguruan Tinggi. Makara, Sosial Humaniora, Vol. 9, NO. 2, Desember 2005: 66-71

Barkley, EF, Cross, KP and Major, CH. (2005). Collaborative Learning Techniques.USA: Jossey-Bass.

Cruickshank, D.R., Jenkins, D.B., and Metcalf, K.K. (2006). The Act of Teaching, Boston: Mc. Graw Hill.

Hayatin Nisa, Disman, Dadang Dahlan. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik. Manajerial, Vol. 3 No.5 Juni 2018, Hal - 157

Drake, E., and Battaglia, D. (2014). Teaching and Learning in Active Learning Classrooms. The Faculty Center for Innovative Teaching: Central Michigan University

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. (2015). Peraturan Menteri Ristek dan Dikti tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta.

Kusumaningrum, Maya , dan Saefudin, Abdul Aziz.. Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Matematika Melalui Pemecahan Masalah Matematika. Proseding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta, 10 November 2012. ISBN : 978-979-16353-8-7

Mc Laren, B. (2014). Collaborative Learning Whitepaper. Pennsylvania: Carnegie Mellon University.

Mustami, M.K.. Inovasi Model-Model Pembelajaran Bidang Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Lentera Pendidikan. Volume 12, Nomor 2. Tahun 2009

Rustaman, Nur Yani. (2000). Kontruktivisme Dan Pembelajaran IPA/Biologi. Makalah Seminar Loka karya Guru-guru IPA SLTP Sekolah Swasta di Bandung

_______. (2005). Stategi belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.

Soedijarto.(2000). Pendidikan Nasional Sebagai Wahana Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Dan Membangun Peradaban Negara Dan Bangsa. Jakarta.Cinaps.

Suwarto. (2012). Pengembangan Tes Diagnostik Untuk Mengungkap Kesulitan Siswa Dalam Memahami Reproduksi Sel. Orasi Ilmiah dalam Rangka Dies Natalis ke XLIV. Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.

_______2012. Kesulitas Siswa SMA Pada Materi Reproduksi Sel. Wawancara langsung.

Syafi’i , Ahmad, Marfiyanto, Tri, dan Rodiyah, Siti Kholidatur. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018.

Winarno, Surakhmad, (1986) Pengantar Penelitian Ilmiah , Bandung: Tarsito, hal.:84

Published

2020-07-30

How to Cite

Hanik, N. R., & Harsono, S. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Komparasi yang Diintegrasikan dengan Pendekatan Kolaboratif Ditinjau dari Kemampuan Analisis Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 114–122. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.681

Issue

Section

Artikel