Framing Analysis of Gilang Endi (GE)’s Death Case Report in Solopos Newspaper for The Period of October – November 2021

Authors

  • Laili Rohadatul Aisy Program Studi Ilmu Komuniaksi Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Yoto Widodo Program Studi Ilmu Komuniaksi Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Nuryani Tri Rahayu Program Studi Ilmu Komuniaksi Universitas Veteran Bangun Nusantara

Keywords:

Gilang Endi (GE), Menwa, Solopos, Framing

Abstract

Resimen Mahasiswa (Menwa) merupakan kekuatan sipil yang dilatih serta dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI dan sebagai bentuk implementasi Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) pada tingkat Universitas. Kedekatan Menwa dengan militer berdampak pada penampilan dan sikap para anggotanya. Menwa diberikan wewenang dan tanggungjawab yang berbeda dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) lain dan berada langsung di bawah rektorat. Masyarakat mendapat pemberitaan tentang bagaimana UKM Menwa bekerja melalui media yang memberitakan mahasiswa UNS yang dinyatakan meninggal setelah mengikuti Pendidikan Latihan Dasar (diklatsar) Menwa. Media memiliki kemampuan untuk mengontruksi informasi mengenai kasus tersebut melalui narasi atau cerita yang ditampilkan. Salah satu media yang memberitakan mengenai kasus kematian mahasiswa setelah mengikuti diklatsar Menwa adalah Solopos.

Penelitian ini menganalisis lima judul berita Kasus Kematian Gilang Endi (GE) yang dimuat pada media Solopos Periode Oktober sampai November 2021. Tujuan Penelitian ini untuk mengkaji bagaimana framing yang dilakukan oleh Solopos terhadap pemberitaan Kasus Kematian GE menggunakan Analisis Framing Model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki melalui empat perangkat framing yaitu sintaksis, skrip, retoris, dan tematik.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan Solopos membingkai pemberitaan bahwa senioritas didalam Organisasi intra kampus masih dilakukan bahkan sampai meregang nyawa anggotanya. Solopos memberikan penekanan pada setiap tindakan yang dilakukan oleh Menwa. Solopos berusaha mengkonstruksi tragedi diklatsar Menwa sebagai isu yang substansial untuk direfleksikan ke publik. Framing pemberitaan Solopos dilakukan dengan cara antara lain: pemilihan sumber berita, pemilihan kutipan dari sumber berita, dan gambar, elemen-elemen tersebut digunakan untuk mendukung struktur framing yang dibangun oleh Solopos.

References

Eriyanto. 2004. Analisis Framing Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LKIS.

________. 2011. Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi dan Politik Media. Yogyakarta: LKIS

Hariyanto, Joko Suryono, dkk. 2019. KLITIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 1, Nomor 2., pp 117 – 131

Kompas. 2021. Apa Itu Menwa, Sejarah, Syarat, dan Tugas Resimen Mahasiswa. Tersedia di https://amp.kompas.com/tren/read/2021/10/27/093014365/apa-itu-menwa-sejarah-syarat-dan-tugas-resimen-mahasiswa [diakses pada 14 November 2021]

Kusumaningrat, Hamad dan Purnama Kusumaningrat. 2007. Jurnalistik, Teori, dan Praktik. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nugroho, Bekti dan Samsuri. 2013. Pers Berkualitas Masyarakat Cerdas. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Resimen Mahasiswa. 2016. Sejarah Resimen Mahasiswa. Surabaya: Universitas Airlangga. Tersedia di https://resimen.ukm.unair.ac.id/2016/02/01/sejarah-resimenmahasiswa/ [diakses pada 9 November 2021]

Sobur, Alex. 2012. Analisis Teks Media. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Sumadiria, Haris AS. 2005. Jurnalistik Indonesia Menulis Berita dan Feature Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Bandung: Simbiosa Rekatama.

Suryono, Joko, P. I. Astuti, dkk. 2018. Superlative Sign Typology of Curahan Hati –Harapan Warga Jakarta Political Advertising Video. December 21-22.

Wajidi, Farid. 1993. Content Analysis : Introduction toIts Theory an Methodology. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Terjemahan dari Klaus Krippendorff.

Published

2023-01-31

How to Cite

Aisy, L. R., Widodo, Y., & Rahayu, N. T. (2023). Framing Analysis of Gilang Endi (GE)’s Death Case Report in Solopos Newspaper for The Period of October – November 2021. Media and Empowerment Communication Journal, 1(2), 57–71. Retrieved from https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/mecomm/article/view/3425