Komunikasi Kelompok pada Group WhatsApp dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

Authors

  • Ary Esthi Rahayu
  • Joko Suryono
  • Nuryani Tri Rahayu

Abstract

Pandemi covid-19 membuat perubahan dalam model pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka menjadi pembelajaran daring. Pembelajaran daring menyulitkan guru berinteraksi dengan wali murid dalam penyampaian materi serta adanya masalah capaian pembelajaran yang kurang maksimal. Kondisi ini mengarahkan pentingnya penelitian yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan komunikasi kelompok yang terjadi di dalam proses pembelajaran daring, pengaruh kelompok dalam pembelajaran daring, peran komunikasi di WAG, peran anggota di WAG, serta hambatan-hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaran daring di WhatsApp Group “Wali Murid TK Gadingan 01”. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik menyimak dengan cara peneliti ikut bergabung dengan WAG “Wali Murid TK Gadingan 01”. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru sebagai komunikator dan wali murid sebagai komunikan, guru menyampaikan pesan untuk saling memberikan apresiasi dengan menggunakan media berupa foto maupun video, arus pesan bisa satu arah dan dua arah. Pembelajaran daring tetap berjalan meskipun ada hambatan. Pengaruh kelompok menjadi evaluasi dalam mencari kesepakatan bersama. Peran komunikasi kelompok menunjukkan bahwa guru dan wali murid kurang setuju dalam pembelajaran daring. Peran anggota dapat dicapai guru dan wali murid saling bekerjasama dalam pembelajaran daring. Hambatan yang terjadi di WAG “Wali Murid TK Gadingan 01” berupa hambatan mekanis, psikologis, dan semantik.

Published

2023-05-06

How to Cite

Rahayu, A. E., Suryono, J., & Rahayu, N. T. (2023). Komunikasi Kelompok pada Group WhatsApp dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Media and Empowerment Communication Journal, 2(1), 1–16. Retrieved from https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/mecomm/article/view/4548

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>