Personal Branding Lizzie Parra sebagai Influencer Pada Produk BLP Beauty di Instagram

Kintan Sekarwangi, Joko Suryono, Hariyanto Hariyanto

Abstract


Salah satu fenomena yang selalu dibicarakan beberapa tahun belakangan ini adalah makeup dari produk lokal atau asli buatan Indonesia. Diketahui bahwa Lizzie Parra mempunyai brand kosmetik lokal milik sendiri dengan namaBLP Beauty, yaitu kepanjangan dari By Lizzie Parra Beauty. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Lizzie Parra membangun personal branding dirinya di media sosial, khususnya Instagram dalam mengembangkan bisnis BLP Beauty. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Lizzie Parra membentuk personal brandingnya dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di dalam Instagram, seperti mengunggah video dan foto, menambahkan keterangan pada profil dan konten, tak lupa juga menambah hastag. Ia juga sering mengunggah Instagram Story dan melakukan Instagram Live dalam membicarakan produk BLP Beauty. Bentuk personal branding Lizzie Parra melalui 3 konsep utama, 3 konsep tambahan, dan menghasilkan 3 konsep penting, yaitu Nilai: Lizzie Parra mampu menjadi diri sendiri dengan kepribadian yang baik, apa adanya, serta mau berbaur dengan para pengikutnya dengan cara mengajak berkomunikasi melalui Instagram. Keterampilan: Lizzie Parra bisa membuat promosi BLP Beauty dengan sangat menarik, mulai dari konsep promosi melalui foto, video, sampai tampilan feed Instagram resmi @blpbeauty. Berperilaku: Lizzie Parra dan BLP Beauty team konsisten melakukan promosi melalui Instagram. Penampilan: Lizzie Parra mempunyai penampilan yang bisa menjadi inspirasi bagi pengikutnya di Instagram. Keunikan: Lizzie Parra mempunyai keinginan untuk membuktikan bahwa semua orang itu bisa merias wajahnya sendiri, tentunya dengan menggunakan produk BLP Beauty. Keontentikan: Lizzie Parra berhasil membuat pengikutnya di Instagram dan konsumen BLP Beauty berpikir bahwa dirinya mempunyai maksud yang istimewa dalam membuat produk kecantikan ini. Prestasi: Lizzie Parra berhasil membuat konsep BLP Beauty dalam mewaikili wanita Indonesia yang mempunyai berbagai macam warna kulit. Kekuatan: Lizzie Parra ingin membuat wanita Indonesia percaya bahwa tidak ada standar kecantikan khusus. Tujuan: Lizzie Parra melalui BLP Beauty ingin mewakili kebutuhan wanita Indonesia, khususnya dalam produk kecantikan.

Keywords


Lizzie Parra, BLP Beauty, Instagram, Personal Branding, Influencer

References


Azwar, Syaifuddin. (2013). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Offset.

Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. (2001). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga.

Bungin, Burhan. (2012). Analisa Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Effendy, Onong Uchjana. (2011). Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Farhana, K. (2020). Fimela Lady Boss: Kecintaan pada Dunia Kecantikan Buat Lizzie Parra Sukses

Ciptakan BLP. Diakses pada December 8, 2020, dari https://www.fimela.com/beauty-

health/read/4331827/fimela-lady-boss-kecintaan-pada-dunia-kecantikan-buat-lizzie-parra-sukses-

ciptakan-blp

Flew, T. (2005). New Media: An Introduction (edisi kedua). Oxford University Press.

Haroen, Dewi. (2014). Personal Branding: Kunci Kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik. Jakarta:

Gramedia.

Kementerian Perdagangan (Kemendag). (2014). Daftar Sepuluh Komoditi Utama dan Potensial.

Kementerian Perdagangan, Jakarta.

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

McNally, D., & Speak, K. D. (2002). Be Your Own Brand. San Fransisco: Berret Koehler Publisher, Inc.

McQuail, Denis. (2012). Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Moleong, Lexy J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan Ketigapuluhsatu. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Oktarini, D. (2018). Karir Lizzie Parra, Berawal dari Marketing hingga Beautypreneur. Diakses pada

Selasa, 8 Desember 2020, dari https://www.dewiku.com/fashion/2018/10/14/205219/karir-lizzie-

parra-berawal-dari-marketing-hingga-beautypreneur

Rakhmat, Jalaluddin. (2015).Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rampersad, Hubert K. (2008). Authentic Personal Branding. Penerjemah Lina Susanto Wijaya. 2008.

Sukses Membangun Authentic Personal Branding. Jakarta: PPM.

Rangkuti, Freddy. (2004). Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta:

PT. Gramedia Pustaka Utama.

Riswandi. (2013). Psikologi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Romli, Asem Syamsul M. (2014). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung:

Nuansa Cendikia.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryono, J., Rahayu, N. T., & Purwati, T. (2020). The Development of Communication Science Expertise

Through Empowerment of Mindset, Mental Attitudes, Mentorship, and Communities. Proceedings

of the International Conference on Community Development (ICCD 2020), 477(Iccd), 373–376.

https://doi.org/10.2991/assehr.k.201017.083

Suryono, J., Wijaya, M., Irianto, H., & Harisudin, M. (2019). The Empowerment of Young Entrepreneurs

through SBS 9 WhatsApp Discussion Group. 6th International Conference on Community

Development (ICCD 2019), 349(Iccd), 276–279. https://doi.org/10.2991/iccd-19.2019.74

Tamimy, M. F. (2017). Sharingmu Personal Brandingmu. Jakarta: Visimedia Pustaka.

Tumewu, Becky & Parengkuan, Erwin. (2014). Personal Brand-Inc. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Kintan Sekarwangi, Joko Suryono, Hariyanto Hariyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Komunikasi Media dan Pemberdayaan
P-ISSN: xxxx-xxxx | E-ISSN: xxxx-xxxx

Penerbit: Universitas Veteran Bangun Nusantara
Alamat: Jl. Letjen. Sujono Humardani No. 1 Jombor, Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia
E-Mail: jurnal.mecomm@gmail.com

Jurnal Komunikasi Media dan Pemberdayaan dilisensikan di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International . Berdasarkan sebuah karya di http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/mecomm