Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Online Shopee Food di Kota Sukoharjo

Authors

  • Andika Pradana Ramadhan Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Joko Suryono Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Betty Gama Universitas Veteran Bangun Nusantara

Keywords:

Shopeefood, Kepuasan, Kualitas Pelayanan, Promosi

Abstract

Kehadiran ShopeeFood di Kota Sukoharjo menjadi alat bantu aktivitas masyarakat sehari-hari seperti pengantaran paket dan pengantaran makanan, sekarang ini ShopeeFood sangan di minati masyarakat dalam memenuhi kebutuhan. Salah satu kebutuhan pokok yang harus terpenuhi saat berada di rumah yaitu makanan, layanan pesan antar makanan bisa menjadi solusi bagi masyarakat Sukoharjo yang ingin membeli makanan tanpa harus keluar dari rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan digital berpengaruh secara silmutan terhadap kepuasan pelanggan Shopeefood dan apakah promosi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan Shopeefood di daerah Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan skala likert sebagai acuan apakah ada pengaruh atau tidaknya variabel dependen dan independen. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan pengumpulan data observasi langsung ke daerah Sukoharjo, peneliti membagikan kuesioner kepada responden melalui google form, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan program SPSS versi 22 yang penyajiannya berbentuk angka dan data. Hasil dari penelitian ini untuk Kualitas layanan digital berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan ShopeeFood Pada Pelanggan di Kota Sukoharjo dengan hasil 5,086>2,011, Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan ShopeeFood Pada Pelanggan di Kota Sukoharjo dengan hasil 1,614<2,011, Kualitas layanan digital dan promosi berpengaruh pada kepuasan pelanggan ShopeeFood Pada Pelanggan di Kota Sukoharjo dengan hasil sebesar 51,7%.

References

Darma. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan Spss (Uji Validitas, Uji Reliabilitas ... - Budi Darma - Google Buku. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=acpLEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=analisis+regresi+linear+berganda,+uji+koefisien+dterminasi+(R2),+uji+F,+dan+Uji+T&ots=IYr2XXflW5&sig=KojCKyWqwvJwbXHG9nIJ3pvvSEk&redir_esc=y#v=onepage&q=analisis regresi linear be

Izzah, N., Rifai, D., & Yao, L. (2016). Relationship-Courier Partner Logistics And E-Commerce Enterprises In Malaysia: A review. Indian Journal of Science and Technology, 9(9). https://doi.org/10.17485/ijst/2016/v9i9/88721

Kotler, P., Keller, K., Ang, S., Tan, C., & Leong, S. (2018). Marketing management: an Asian perspective. https://www.academia.edu/download/58052402/marketingmanagement-an-asian-perspective-5th-edit.pdf

Malhotra. (2022). Differences in Knowledge and Perspectives on the Usage of Artificial Intelligence Among Doctors and Medical Students of a Developing Country: A Cross-Sectional Study. https://doi.org/10.7759/cureus.21434

Octaviani, R., & Sutriani, E. (2019). Analisis data dan pengecekan keabsahan data. https://osf.io/preprints/inarxiv/3w6qs/

Tjiptono. (2022). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima Edisi 4 - Fandy Tjiptono - Google Buku. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=6n6REAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA4&dq=related:mbS_55k1tGwJ:scholar.google.com/&ots=GsL4uQReux&sig=IZPmw0jiv_TP9OmlosPrHdKSmYY&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Wahyono, A., Manajemen, A. A.-J., & 2021, U. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Digital, Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopeefood. Ojs.Jekobis.Org. https://ojs.jekobis.org/index.php/manajemen/article/view/159

Published

2023-12-28

How to Cite

Andika Pradana Ramadhan, Suryono, J., & Gama, B. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Online Shopee Food di Kota Sukoharjo. Media and Empowerment Communication Journal, 2(2), 1–11. Retrieved from https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/mecomm/article/view/4828

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>