Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Online Shopee Food di Kota Sukoharjo
Kata Kunci:
Shopeefood, Kepuasan, Kualitas Pelayanan, PromosiAbstrak
Kehadiran ShopeeFood di Kota Sukoharjo menjadi alat bantu aktivitas masyarakat sehari-hari seperti pengantaran paket dan pengantaran makanan, sekarang ini ShopeeFood sangan di minati masyarakat dalam memenuhi kebutuhan. Salah satu kebutuhan pokok yang harus terpenuhi saat berada di rumah yaitu makanan, layanan pesan antar makanan bisa menjadi solusi bagi masyarakat Sukoharjo yang ingin membeli makanan tanpa harus keluar dari rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan digital berpengaruh secara silmutan terhadap kepuasan pelanggan Shopeefood dan apakah promosi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan Shopeefood di daerah Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan skala likert sebagai acuan apakah ada pengaruh atau tidaknya variabel dependen dan independen. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan pengumpulan data observasi langsung ke daerah Sukoharjo, peneliti membagikan kuesioner kepada responden melalui google form, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan program SPSS versi 22 yang penyajiannya berbentuk angka dan data. Hasil dari penelitian ini untuk Kualitas layanan digital berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan ShopeeFood Pada Pelanggan di Kota Sukoharjo dengan hasil 5,086>2,011, Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan ShopeeFood Pada Pelanggan di Kota Sukoharjo dengan hasil 1,614<2,011, Kualitas layanan digital dan promosi berpengaruh pada kepuasan pelanggan ShopeeFood Pada Pelanggan di Kota Sukoharjo dengan hasil sebesar 51,7%.
Unduhan
Referensi
Darma. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan Spss (Uji Validitas, Uji Reliabilitas ... - Budi Darma - Google Buku. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=acpLEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=analisis+regresi+linear+berganda,+uji+koefisien+dterminasi+(R2),+uji+F,+dan+Uji+T&ots=IYr2XXflW5&sig=KojCKyWqwvJwbXHG9nIJ3pvvSEk&redir_esc=y#v=onepage&q=analisis regresi linear be
Izzah, N., Rifai, D., & Yao, L. (2016). Relationship-Courier Partner Logistics And E-Commerce Enterprises In Malaysia: A review. Indian Journal of Science and Technology, 9(9). https://doi.org/10.17485/ijst/2016/v9i9/88721
Kotler, P., Keller, K., Ang, S., Tan, C., & Leong, S. (2018). Marketing management: an Asian perspective. https://www.academia.edu/download/58052402/marketingmanagement-an-asian-perspective-5th-edit.pdf
Malhotra. (2022). Differences in Knowledge and Perspectives on the Usage of Artificial Intelligence Among Doctors and Medical Students of a Developing Country: A Cross-Sectional Study. https://doi.org/10.7759/cureus.21434
Octaviani, R., & Sutriani, E. (2019). Analisis data dan pengecekan keabsahan data. https://osf.io/preprints/inarxiv/3w6qs/
Tjiptono. (2022). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima Edisi 4 - Fandy Tjiptono - Google Buku. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=6n6REAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA4&dq=related:mbS_55k1tGwJ:scholar.google.com/&ots=GsL4uQReux&sig=IZPmw0jiv_TP9OmlosPrHdKSmYY&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Wahyono, A., Manajemen, A. A.-J., & 2021, U. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Digital, Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopeefood. Ojs.Jekobis.Org. https://ojs.jekobis.org/index.php/manajemen/article/view/159
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Andika Pradana Ramadhan, Joko Suryono, Betty Gama
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan Media and Empowerment Communication Journal (MECOMM) menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini .
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.