Promosi Penjualan Produk Fashion dalam Menarik Minat Pembeli pada Akun Instagram @wannanthis.skh

Authors

  • Rika Alvionita Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Joko Suryono Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Joko Suryono Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Betty Gama Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Betty Gama Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo

Keywords:

komunikasi pemasaran, promosi penjualan, media sosial instagram, minat beli

Abstract

Komunikasi pemasaran akun @wannathis.skh menggunakan bauran promosi  (promotion mix), salah satu yang paling dominan yaitu promosi penjualan. Melalui media sosial instagram,@wannathis.skh memanfaatkan fitur-fitur didalamnyayaitu fitur judul (caption), upload, follower, like, dan DM (Direct Message) untuk menarik minat pembeli.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi pemasaran, serta mengetahui faktor pendorong dan faktor penghambat produk fashion akun@wannathis.skhdalam menarik minat pembelipada media sosial instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang berupa wawancara dengan pengelola akun @wannathis.skh dan konsumen serta data sekunder berupa foto screenshoot. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik Analisis data menggunakan model analisis interaktif dari Miles dan Hubberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran produk fashion @wannathis.skhdalam menarik minat pembelipada instagram, dalam komunikasi pemasaran adalah promosi penjulan yang dilakukan melalui media sosial instagram. Kedua, Faktor pendukungnya yaitu kemajuan teknologi dan ketertarikan masyarakat dalam belanja online. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu banyaknya pesaing bisnis online.

References

Amstrong, K. P. (2012). Prinsi-prinsip Pemasaran (p. 432). Erlangga.

Bambang Dwi Atmoko. (2012). Instagram Handbook. In Jakarta: PT. TransMedia (p. 3).

Besari, M. S. (2018). Teknologi di Nusantara 40 Abad Hambatan Inovasi (p. 148). Salemba

Teknika.

Durianto. (2004). Strategi Memimpin Pasar. Gramedia Pustaka Utama.

Effendy, O. U. (2003). Effendy, Onong Uchjana. In Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek (pp.

–64).

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran (pp. 55–126). Erlangga.

Ii, B. a B., Beli, a M., Minat, P., & Konsumen, B. (2012). Minat Beli (pp. 6–19).

Keller, K. dan. (2009). Manjemen Pemasaran (p. 4). Erlangga.

Malcom, B. (2011). Fashion sebagai komunikasi (cara mengkomunikasikan identitas sosial,

seksual, kelas dan gender) (p. 86). Jalasutra.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa.

Mujahiddin, A. (2007). Ekonomi Islam (p. 27). Raja Grafindo Persada.

Setiawan, R. (2007). Persaingan Bisnis. In Jurnal Pembelajaran (Vol. 2, Issue 3, pp. 1–11).

Suryono, J., Rahayu, N. T., Astuti, P. I., & Widarwati, N. T. (2020). Successful Social Media

Advertising Activities For Micro, Small And Medium Enterprises. Mediator: Jurnal

Komunikasi, 13(1), 31–40. https://doi.org/10.29313/mediator.v13i1.5782

Suryono, Joko, Nuryani Tri Rahayu , Mohammad Hansudin, M. W. (2017). The Adolescent

Competence In Managing Small Medium Enterprises ( Umkm ) Through Advertising In

Social Media. 4thInternational Conference the Community Development in ASEAN

®2017, 1, 388–398.

Suryono, Joko, Setyo, Bono, Astuti, Purwani Indri, Rahayu, N. T. (2020). Iklan Rokok Bijak

Bernuansa Politik Jangan Mau Diadu. Jurnalisa, 06(2), 177–199.

Tjiptono, F. (2008). Tjiptono, Fandy. In Strategi Pemasaran.

Published

2022-05-31

How to Cite

Alvionita, R., Suryono, J., Suryono, J., Gama, B., & Gama, B. (2022). Promosi Penjualan Produk Fashion dalam Menarik Minat Pembeli pada Akun Instagram @wannanthis.skh. Media and Empowerment Communication Journal, 1(1), 1–14. Retrieved from https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/mecomm/article/view/2384

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>