Hubungan Antara Terpaan Iklan Marketplace Shopee Gratis Ongkir dan Minat Beli Pada Followers @shopee_id

Authors

  • Alifia Aqilla Santoso Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Joko Suryono Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Nuryani Tri Rahayu

Keywords:

Instagram, Terpaaan Iklan, Minat Beli

Abstract

TesPada era globalisasi saat ini setiap individu sudah memiliki handphone untuk mengakses dunia maya. Saat ini terdapat banyak sekali marketplace yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan mudah salah satunya adalah Shopee. Ketatnya persaingan Shopee menghadirkan berbagai macam fitur dan salah satu fitur tersebut adalah gratis ongkos kirim yang dapat menarik minat beli masyarakat. Dalam mengkomunikasikan produk atau jasa agar konsumen tertarik untuk melakukan pembelian melalui Shopee
maka Shopee memperkenalkan fitur melalui akun Instagram resmi yaitu @shopee_id. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan terpaan iklan Shopee gratis ongkir di Instagram terhadap minat beli followers @shopee_id. Populasi penelitian ini
adalah followers instagram @shopee_id dan mengambil sampel sebanyak 100 responden. Data primer didapatkan melalui penyebaran kusioner dengan google form sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji
linearitas, analisis regresi sederhana, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan iklan Shopee Gratis Ongkir berpengaruh terhadap minat beli followers
@shopee_id dengan nilai t hitung (8,879) > t tabel (1,984) angka tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan pada hasil uji koefisien determinasi, nilai R square adalah sebesar 0,446, artinya terpaan iklan Shopee gratis ongkir mempengaruhi minat beli followers @shopee_id sebesar 44,6% dan sisanya 55,4% dipengaruhi variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

References

Ferdinand, Augusty . 2014. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian

untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang : Badan Penerbit.

Universitas Diponegoro.

Kurniawati, K., Nilasari, B. M., Emilisa, N., & Rahayu, F. (2022). Strategi Pemasaran Iklan Digital Dalam

Pengambilan Keputusan Berbasis Online. Jurnal Abdikaryasakti, 2(2), 137–150.

https://doi.org/10.25105/ja.v2i2.14187

Suryono, J., Rahayu, N. T., Astuti, P. I., & Widarwati, N. T. (2020). Successful Social Media Advertising

Activities For Micro, Small And Medium Enterprises. Mediator: Jurnal Komunikasi, 13(1), 31–40.

https://doi.org/10.29313/mediator.v13i1.5782

Suryono, J., Wijaya, M., Irianto, H., Harisudin, M., Rahayu, N. T., Darsini, Indri Astuti, P., & Sri

Kusumawati, H. (2023). Model of Community Empowerment through Education Non-Formal

Entrepreneurship to Improve Independence of Micro, Small and Medium Enterprises. International

Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(3), 413–429.

https://doi.org/10.26803/ijlter.22.3.25

Suryono J, W. M. (2022). Synergy Empowerment and Social Transformation: Developing

Entrepreneurship Independence in a Business School Joko Suryono 1 , Mahendra Wijaya 2 , Heru

Irianto 3 , Mohamad Harisudin 4. 13(4), 265–290.

Tirta Lestari. (2015). Pengaruh Terpaan Iklan Televisi Elevenia. 1–174.

Yoganata, D. A. (2019). Pengaruh Terpaan Iklan Dan Brand Loyalty Terhadap Minat Beli Produk Samsung

Galaxy. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik, 1(2), 105. https://doi.org/10.33474/jisop.v1i2.4791

Published

2023-12-28

How to Cite

Aqilla Santoso, A., Suryono, J., & Tri Rahayu, N. (2023). Hubungan Antara Terpaan Iklan Marketplace Shopee Gratis Ongkir dan Minat Beli Pada Followers @shopee_id. Media and Empowerment Communication Journal, 2(2), 45–53. Retrieved from https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/mecomm/article/view/4656

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>