Hubungan Antara Terpaan Iklan Marketplace Shopee Gratis Ongkir dan Minat Beli Pada Followers @shopee_id
Keywords:
Instagram, Terpaaan Iklan, Minat BeliAbstract
TesPada era globalisasi saat ini setiap individu sudah memiliki handphone untuk mengakses dunia maya. Saat ini terdapat banyak sekali marketplace yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan mudah salah satunya adalah Shopee. Ketatnya persaingan Shopee menghadirkan berbagai macam fitur dan salah satu fitur tersebut adalah gratis ongkos kirim yang dapat menarik minat beli masyarakat. Dalam mengkomunikasikan produk atau jasa agar konsumen tertarik untuk melakukan pembelian melalui Shopee
maka Shopee memperkenalkan fitur melalui akun Instagram resmi yaitu @shopee_id. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan terpaan iklan Shopee gratis ongkir di Instagram terhadap minat beli followers @shopee_id. Populasi penelitian ini
adalah followers instagram @shopee_id dan mengambil sampel sebanyak 100 responden. Data primer didapatkan melalui penyebaran kusioner dengan google form sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji
linearitas, analisis regresi sederhana, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan iklan Shopee Gratis Ongkir berpengaruh terhadap minat beli followers
@shopee_id dengan nilai t hitung (8,879) > t tabel (1,984) angka tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan pada hasil uji koefisien determinasi, nilai R square adalah sebesar 0,446, artinya terpaan iklan Shopee gratis ongkir mempengaruhi minat beli followers @shopee_id sebesar 44,6% dan sisanya 55,4% dipengaruhi variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Downloads
References
Ferdinand, Augusty . 2014. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian
untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang : Badan Penerbit.
Universitas Diponegoro.
Kurniawati, K., Nilasari, B. M., Emilisa, N., & Rahayu, F. (2022). Strategi Pemasaran Iklan Digital Dalam
Pengambilan Keputusan Berbasis Online. Jurnal Abdikaryasakti, 2(2), 137–150.
https://doi.org/10.25105/ja.v2i2.14187
Suryono, J., Rahayu, N. T., Astuti, P. I., & Widarwati, N. T. (2020). Successful Social Media Advertising
Activities For Micro, Small And Medium Enterprises. Mediator: Jurnal Komunikasi, 13(1), 31–40.
https://doi.org/10.29313/mediator.v13i1.5782
Suryono, J., Wijaya, M., Irianto, H., Harisudin, M., Rahayu, N. T., Darsini, Indri Astuti, P., & Sri
Kusumawati, H. (2023). Model of Community Empowerment through Education Non-Formal
Entrepreneurship to Improve Independence of Micro, Small and Medium Enterprises. International
Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(3), 413–429.
https://doi.org/10.26803/ijlter.22.3.25
Suryono J, W. M. (2022). Synergy Empowerment and Social Transformation: Developing
Entrepreneurship Independence in a Business School Joko Suryono 1 , Mahendra Wijaya 2 , Heru
Irianto 3 , Mohamad Harisudin 4. 13(4), 265–290.
Tirta Lestari. (2015). Pengaruh Terpaan Iklan Televisi Elevenia. 1–174.
Yoganata, D. A. (2019). Pengaruh Terpaan Iklan Dan Brand Loyalty Terhadap Minat Beli Produk Samsung
Galaxy. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik, 1(2), 105. https://doi.org/10.33474/jisop.v1i2.4791
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alifia Aqilla Santoso, Joko Suryono, Nuryani Tri Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan Media and Empowerment Communication Journal (MECOMM) menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini .
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.