Pengaruh Iklan Shopee di Televisi terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Masyarakat di Kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri

Authors

  • Dewi Sulastri Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Betty Gama Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Yoto Widodo Universitas Veteran Bangun Nusantara

Keywords:

komunikasi pemasaran, iklan televisi, shopee, keputusan pembelian

Abstract

Televisi menjadi salah satu media untuk menanyangkan iklan. Salah satu marketplace yang menggunakan televisi sebagai media untuk menanyangkan iklan adalah shopee. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh iklan shopee di televisi terhadap keputusan pembelian produk pada masyarakat di Kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dimana metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar kepada masyarakat di Kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri yang berusia 17 – 40 tahun. Jumlah populasi yaitu 11.985 dengan sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji regresi linier sederhana dan uji hipotesis dengan Statistical Packege for Social Science (SPSS) versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa iklan shopee di televisi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai Adjusted R Squarenya adalah 0,246 yang berarti 24,6% iklan shopee di televisi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sementara sisanya 75,4% dapat dijelaskan oleh faktor yang tidak diteliti. Dari nilai thitung 5,652 > ttabel 1,660 angka tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Firmansyah. (2019). Komunikasi Pemasaran (Issue July). https://www.researchgate.net/publication/342644678

Fourqoniah F, A. M. F. (2020). Buku Ajar Pengantar Periklanan. Penerbit Lakeisha.

Nursyecha, N., Sapari, Y., & Risnawati, R. (2021). Pengaruh Iklan Shopee Di Televisi Dalam Pembentukan Brand Awareness Platform Aplikasi Shopee Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Signal, 9(1), 01. https://doi.org/10.33603/signal.v9i1.4400

Octavianti, T. (2016). Efektivitas Iklan Televisi Bukalapak edisi “Gunakan Jarimu dan Jadilah Pahlawan di Bukalapak” pada Masyarakat Surabaya. Jurnal E-Komunikasi Universitas Kristen Petra, Vol 4 No 2, 12.

ROSIDAH, I. (2016). Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Fresh Product Yang Dimediasi Oleh Kepercayaan Di Carrefour Rungkut Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(3), 1–9.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung. Penerbit Alfabeta

Suryono, J., Rahayu, N. T., Astuti, P. I., & Widarwati, N. T. (2020). Successful Social Media Advertising Activities For Micro, Small And Medium Enterprises. Mediator: Jurnal Komunikasi, 13(1), 31–40. https://doi.org/10.29313/mediator.v13i1.5782

Suryono, J., Wijaya, M., & Irianto, H, Harisudin, M. (2022). Synergy Empowerment and Social Transformation: Developing Entrepreneurship Independence in a Business School. 2022(13), 265–290. www.jsser.org

Suryono, J., Wijaya, M., Irianto, H., Harisudin, M., Rahayu, N. T., Darsini, Indri Astuti, P., & Sri Kusumawati, H. (2023). Model of Community Empowerment through Education Non-Formal Entrepreneurship to Improve Independence of Micro, Small and Medium Enterprises. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(3), 413–429. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.3.25

Published

2023-12-28

How to Cite

Dewi Sulastri, Gama, B., & Widodo, Y. (2023). Pengaruh Iklan Shopee di Televisi terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Masyarakat di Kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri. Media and Empowerment Communication Journal, 2(2), 12–21. Retrieved from https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/mecomm/article/view/4830

Most read articles by the same author(s)