Pengaruh Iklan Shopee di Televisi terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Masyarakat di Kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri
Kata Kunci:
komunikasi pemasaran, iklan televisi, shopee, keputusan pembelianAbstrak
Televisi menjadi salah satu media untuk menanyangkan iklan. Salah satu marketplace yang menggunakan televisi sebagai media untuk menanyangkan iklan adalah shopee. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh iklan shopee di televisi terhadap keputusan pembelian produk pada masyarakat di Kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dimana metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar kepada masyarakat di Kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri yang berusia 17 – 40 tahun. Jumlah populasi yaitu 11.985 dengan sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji regresi linier sederhana dan uji hipotesis dengan Statistical Packege for Social Science (SPSS) versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa iklan shopee di televisi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai Adjusted R Squarenya adalah 0,246 yang berarti 24,6% iklan shopee di televisi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sementara sisanya 75,4% dapat dijelaskan oleh faktor yang tidak diteliti. Dari nilai thitung 5,652 > ttabel 1,660 angka tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Unduhan
Referensi
Firmansyah. (2019). Komunikasi Pemasaran (Issue July). https://www.researchgate.net/publication/342644678
Fourqoniah F, A. M. F. (2020). Buku Ajar Pengantar Periklanan. Penerbit Lakeisha.
Nursyecha, N., Sapari, Y., & Risnawati, R. (2021). Pengaruh Iklan Shopee Di Televisi Dalam Pembentukan Brand Awareness Platform Aplikasi Shopee Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Signal, 9(1), 01. https://doi.org/10.33603/signal.v9i1.4400
Octavianti, T. (2016). Efektivitas Iklan Televisi Bukalapak edisi “Gunakan Jarimu dan Jadilah Pahlawan di Bukalapak” pada Masyarakat Surabaya. Jurnal E-Komunikasi Universitas Kristen Petra, Vol 4 No 2, 12.
ROSIDAH, I. (2016). Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Fresh Product Yang Dimediasi Oleh Kepercayaan Di Carrefour Rungkut Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(3), 1–9.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung. Penerbit Alfabeta
Suryono, J., Rahayu, N. T., Astuti, P. I., & Widarwati, N. T. (2020). Successful Social Media Advertising Activities For Micro, Small And Medium Enterprises. Mediator: Jurnal Komunikasi, 13(1), 31–40. https://doi.org/10.29313/mediator.v13i1.5782
Suryono, J., Wijaya, M., & Irianto, H, Harisudin, M. (2022). Synergy Empowerment and Social Transformation: Developing Entrepreneurship Independence in a Business School. 2022(13), 265–290. www.jsser.org
Suryono, J., Wijaya, M., Irianto, H., Harisudin, M., Rahayu, N. T., Darsini, Indri Astuti, P., & Sri Kusumawati, H. (2023). Model of Community Empowerment through Education Non-Formal Entrepreneurship to Improve Independence of Micro, Small and Medium Enterprises. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(3), 413–429. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.3.25
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dewi Sulastri, Betty Gama, Yoto Widodo
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan Media and Empowerment Communication Journal (MECOMM) menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini .
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.