Pengaruh Electronic Word of Mouth pada Konten #racuntiktok di Aplikasi TikTok Terhadap Minat Beli Mahasiswa FISH Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Authors

  • Ditya Septiana Arkista Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Hariyanto Hariyanto Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Betty Gama Universitas Veteran Bangun Nusantara

Keywords:

tiktok, electronic word of mouth, minat beli

Abstract

TesPerkembangan teknologi terutama pada jaringan internet berdampak pada Word of mouth yang berkembang menjadi Electronic word of mouth. E-WoM merupakan komunikasi mulut ke mulut melalui mediae lektronik atau media sosial yang memungkinkan konsumen yang tidak mengenal atau terlibat satu samal ain saling berbagi informasi tentang produk atau jasa yang mereka gunakan yang dapat menimbulkan rasat ertarik pada suatu produk atau jasa, salah satunya pada konten #racuntiktok yang dapat menimbulkan minatb beli konsumen. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui apakah Electronic Word of Mouth pada konten #racuntiktok mempengaruhi minat beli mahasiswa FISH Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Menggunakan metode kuantitatif teknik Purposive Sampling dengan sampel sebanyak 66 mahasiswa FISH angkatan tahun 2019, 2020, dan 2021. Distribusi kuesioner menggunakan Google Form merupakan salah satu metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yang mengikuti teknik penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menemukan bahwa Electronic Word of Mouth berkontribusi terhadap minat beli sebesar 68,9% sedangkan sisanya 31,1% dipengaruhi variabel lain. Karena nilai thitung >ttabel yakni memiliki nilai 11.896 > 1.997 maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisa,Ririn Risnawati, N. C. (2022). PENGARUH WORD OF MOUTH MENGENAI LIVE

STREAMING TIKTOK SHOP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. Jurnal

Komunikasi Pemberdayaan. https://jurnal.apmd.ac.id/index.php/JKP/article/view/230

Bilgiler, S., Dergisi, E. A., Suryono, J., Wijaya, M., Irianto, H., & Harisudin, M. (2022). Developing

Entrepreneurship Independence in a Business School. 2022(13), 265–290. www.jsser.org

Firmansyah, A. (2019). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). In Perilaku Konsumen (Sikap dan

Pemasaran) Oleh Dr. M.Anang Firmansyah, S.E.,.

Hasan A. (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut, Cetakan 1. MedPress.

https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/10149/slug/marketing-dari-mulut-ke-

mulut-word-of-mouth-marketing.html

Kurniawan, G. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Online.

Kustiawan, W. (2022). Dampak Media Sosial Tiktok terhadap perilaku remaja pada Era globalisasi.

JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 2108–2115.

Nyoko, A. E. L., & Samuel, A. D. D. (2021). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM)

DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus

Pelanggan Muca Cafe Kupang).

https://www.researchgate.net/publication/351089144_PENGARUH_ELECTRONIC_WORD_OF_

MOUTH_e-

WOM_DI_MEDIA_SOSIAL_FACEBOOK_TERHADAP_KEPUTUSAN_PEMBELIAN_Studi_K

asus_Pelanggan_Muca_Cafe_Kupang

Ramadhan, A. F. (2019). Pengaruh Online consumer review, Potongan Harga, dan Citra Merek terhadap

Keputusan Pembelian Game pada Aplikasi STEAM (Studi Pada Mahasiswa Universitas

Brawijaya).

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian (27th ed.). ALFABETA.Cv.

Suryono, J., Rahayu, N. T., Astuti, P. I., & Widarwati, N. T. (2020). Successful Social Media Advertising

Activities For Micro, Small And Medium Enterprises. Mediator: Jurnal Komunikasi, 13(1), 31–40.

https://doi.org/10.29313/mediator.v13i1.5782

Suryono, J., Wijaya, M., Irianto, H., Harisudin, M., Rahayu, N. T., Darsini, Indri Astuti, P., & Sri

Kusumawati, H. (2023). Model of Community Empowerment through Education Non-Formal Entrepreneurship to Improve Independence of Micro, Small and Medium Enterprises. International

Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(3), 413–429.

https://doi.org/10.26803/ijlter.22.3.25

Tj, H. W., Wahyoedi, S., & Susana, S. (2022). Peranan E-Wom Dalam Memediasi Pengaruh Perceived

Value Dan Persepsi Harga Terhadap Niat Beli Konsumen Tiktok Di Dki Jakarta. Jurnal Muara

Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 407–422. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i2.21956

Umbara, F. W. (2021). User Generated Content di Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Bisnis. Jurnal

Manajemen Strategi Dan ….

http://ejournal.imperiuminstitute.org/index.php/JMSAB/article/view/366

Published

2023-12-28

How to Cite

Arkista, D. S., Hariyanto, H., & Gama, B. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth pada Konten #racuntiktok di Aplikasi TikTok Terhadap Minat Beli Mahasiswa FISH Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Media and Empowerment Communication Journal, 2(2), 22–32. Retrieved from https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/mecomm/article/view/4831

Most read articles by the same author(s)