Komunikasi Interpersonal Guru dalam Memberikan Motivasi serta Adaptasi Belajar pada Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk komunikasi interpersonal yang diterapkan oleh guru dalam memberikan motivasi serta adaptasi belajar kepada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Sragen kemudian apa saja hambatan penerapan tersebut, dan apa dampaknya dalam aspek afektifnya. Penelitian kualitatif deskriptif ini dilakukan di SMP Negeri 2 Sragen khususnya pada kelas VII. Penelitian ini melibatkan guru BK, dua guru mata pelajaran sekaligus wali kelas VII dan kepala sekolah sebagai informan. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menerapkan analisis model interaktif dari Miles and Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display/penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menemukan bahwa bentuk komunikasi interpersonal yang diterapkan guru SMP Negeri 2 Sragen dalam rangka memberikan motivasi serta adaptasi belajar kepada siswa kelas VII adalah komunikasi interpersonal secara verbal dan nonverbal yang mengedepankan keterbukaan, empati, perilaku suportif, perilaku positif, dan kesetaraan. Ada tiga faktor penghambat yang terjadi dikategorikan dalam faktor fisik (kegaduhan), psikologis (emosi), dan semantik (keterbatasan kemampuan berbahasa). Motivasi belajar siswa diwujudkan dengan pemenuhan kebutuhan seperti kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan rasa kasih sayang, kebutuhan akan penghargaan, kebutuhan aktualisasi diri, kebutuhan untuk tahu serta memahami, dan kebutuhan estetik. Komunikasi interpersonal yang diterapkan guru mampu memberikan dampak yang baik dalam aspek afektif seperti siswa kelas VII lebih bertanggung jawab, disiplin, rajin belajar, dan mampu beradaptasi belajar dengan lingkungan barunya di SMP Negeri 2 Sragen.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Presta Dwi Nugroho, Betty Gama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan Media and Empowerment Communication Journal (MECOMM) menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini .
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.