Pengaruh Electronic Word of Mouth pada Konten #racuntiktok di Aplikasi TikTok Terhadap Minat Beli Mahasiswa FISH Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
Kata Kunci:
tiktok, electronic word of mouth, minat beliAbstrak
TesPerkembangan teknologi terutama pada jaringan internet berdampak pada Word of mouth yang berkembang menjadi Electronic word of mouth. E-WoM merupakan komunikasi mulut ke mulut melalui mediae lektronik atau media sosial yang memungkinkan konsumen yang tidak mengenal atau terlibat satu samal ain saling berbagi informasi tentang produk atau jasa yang mereka gunakan yang dapat menimbulkan rasat ertarik pada suatu produk atau jasa, salah satunya pada konten #racuntiktok yang dapat menimbulkan minatb beli konsumen. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui apakah Electronic Word of Mouth pada konten #racuntiktok mempengaruhi minat beli mahasiswa FISH Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Menggunakan metode kuantitatif teknik Purposive Sampling dengan sampel sebanyak 66 mahasiswa FISH angkatan tahun 2019, 2020, dan 2021. Distribusi kuesioner menggunakan Google Form merupakan salah satu metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yang mengikuti teknik penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menemukan bahwa Electronic Word of Mouth berkontribusi terhadap minat beli sebesar 68,9% sedangkan sisanya 31,1% dipengaruhi variabel lain. Karena nilai thitung >ttabel yakni memiliki nilai 11.896 > 1.997 maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Unduhan
Referensi
Anisa,Ririn Risnawati, N. C. (2022). PENGARUH WORD OF MOUTH MENGENAI LIVE
STREAMING TIKTOK SHOP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. Jurnal
Komunikasi Pemberdayaan. https://jurnal.apmd.ac.id/index.php/JKP/article/view/230
Bilgiler, S., Dergisi, E. A., Suryono, J., Wijaya, M., Irianto, H., & Harisudin, M. (2022). Developing
Entrepreneurship Independence in a Business School. 2022(13), 265–290. www.jsser.org
Firmansyah, A. (2019). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). In Perilaku Konsumen (Sikap dan
Pemasaran) Oleh Dr. M.Anang Firmansyah, S.E.,.
Hasan A. (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut, Cetakan 1. MedPress.
https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/10149/slug/marketing-dari-mulut-ke-
mulut-word-of-mouth-marketing.html
Kurniawan, G. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Online.
Kustiawan, W. (2022). Dampak Media Sosial Tiktok terhadap perilaku remaja pada Era globalisasi.
JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 2108–2115.
Nyoko, A. E. L., & Samuel, A. D. D. (2021). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM)
DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus
Pelanggan Muca Cafe Kupang).
https://www.researchgate.net/publication/351089144_PENGARUH_ELECTRONIC_WORD_OF_
MOUTH_e-
WOM_DI_MEDIA_SOSIAL_FACEBOOK_TERHADAP_KEPUTUSAN_PEMBELIAN_Studi_K
asus_Pelanggan_Muca_Cafe_Kupang
Ramadhan, A. F. (2019). Pengaruh Online consumer review, Potongan Harga, dan Citra Merek terhadap
Keputusan Pembelian Game pada Aplikasi STEAM (Studi Pada Mahasiswa Universitas
Brawijaya).
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian (27th ed.). ALFABETA.Cv.
Suryono, J., Rahayu, N. T., Astuti, P. I., & Widarwati, N. T. (2020). Successful Social Media Advertising
Activities For Micro, Small And Medium Enterprises. Mediator: Jurnal Komunikasi, 13(1), 31–40.
https://doi.org/10.29313/mediator.v13i1.5782
Suryono, J., Wijaya, M., Irianto, H., Harisudin, M., Rahayu, N. T., Darsini, Indri Astuti, P., & Sri
Kusumawati, H. (2023). Model of Community Empowerment through Education Non-Formal Entrepreneurship to Improve Independence of Micro, Small and Medium Enterprises. International
Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(3), 413–429.
https://doi.org/10.26803/ijlter.22.3.25
Tj, H. W., Wahyoedi, S., & Susana, S. (2022). Peranan E-Wom Dalam Memediasi Pengaruh Perceived
Value Dan Persepsi Harga Terhadap Niat Beli Konsumen Tiktok Di Dki Jakarta. Jurnal Muara
Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 407–422. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i2.21956
Umbara, F. W. (2021). User Generated Content di Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Bisnis. Jurnal
Manajemen Strategi Dan ….
http://ejournal.imperiuminstitute.org/index.php/JMSAB/article/view/366
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ditya Septiana Arkista, Hariyanto Hariyanto, Betty Gama
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan Media and Empowerment Communication Journal (MECOMM) menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini .
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.