Komunikasi Kelompok pada Group WhatsApp dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi
Abstract
Pandemi covid-19 membuat perubahan dalam model pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka menjadi pembelajaran daring. Pembelajaran daring menyulitkan guru berinteraksi dengan wali murid dalam penyampaian materi serta adanya masalah capaian pembelajaran yang kurang maksimal. Kondisi ini mengarahkan pentingnya penelitian yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan komunikasi kelompok yang terjadi di dalam proses pembelajaran daring, pengaruh kelompok dalam pembelajaran daring, peran komunikasi di WAG, peran anggota di WAG, serta hambatan-hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaran daring di WhatsApp Group “Wali Murid TK Gadingan 01”. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik menyimak dengan cara peneliti ikut bergabung dengan WAG “Wali Murid TK Gadingan 01”. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru sebagai komunikator dan wali murid sebagai komunikan, guru menyampaikan pesan untuk saling memberikan apresiasi dengan menggunakan media berupa foto maupun video, arus pesan bisa satu arah dan dua arah. Pembelajaran daring tetap berjalan meskipun ada hambatan. Pengaruh kelompok menjadi evaluasi dalam mencari kesepakatan bersama. Peran komunikasi kelompok menunjukkan bahwa guru dan wali murid kurang setuju dalam pembelajaran daring. Peran anggota dapat dicapai guru dan wali murid saling bekerjasama dalam pembelajaran daring. Hambatan yang terjadi di WAG “Wali Murid TK Gadingan 01” berupa hambatan mekanis, psikologis, dan semantik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ary Esthi Rahayu, Joko Suryono, Nuryani Tri Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan Media and Empowerment Communication Journal (MECOMM) menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini .
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.