Persepsi Pengikut Akun @Feilianaveve Terhadap Konten Iklan Produk Makeup Dalam Meningkatkan Minat Beli

Authors

  • Aqiela Putri Ramadan Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Henny Sri Kusumawati Universitas Veteran Bangun Nusantara

Keywords:

TikTok, Konten Iklan, Influencer, Minat Beli, Persepsi

Abstract

Di era media sosial, TikTok menjadi platform dominan dalam penyebaran iklan digital, khususnya melalui peran influencer. Fenomena ini menciptakan cara baru dalam komunikasi pemasaran yang lebih personal dan visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi audiens terhadap konten iklan produk makeup yang disampaikan oleh influencer TikTok @feilianaveve serta bagaimana respons mereka dalam membentuk minat beli. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi pustaka dan wawancara mendalam. Data diperoleh melalui Google Form dari 15 pengikut akun tersebut dan divalidasi melalui wawancara langsung dengan dua informan tambahan. Hasil menunjukkan bahwa konten iklan dinilai menarik secara visual, komunikatif, dan membangun rasa percaya. Gaya penyampaian yang natural dan relatable dianggap memengaruhi keyakinan audiens dan mendorong minat beli. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa konten iklan yang disampaikan secara otentik dan sesuai dengan karakteristik audiens mampu membentuk persepsi positif dan meningkatkan minat beli. Temuan ini menunjukkan pentingnya pendekatan humanis dan jujur dalam strategi pemasaran digital, khususnya di platform berbasis visual seperti TikTok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ghorbanzadeh, D., Natalia, K. D. V. P., Prodanova, A., Muda, I., & Suryono, J. (2023). Exploration of the concept of brand love in city branding: antecedents and consequences. Place Branding and Public Diplomacy, 0123456789. https://doi.org/10.1057/s41254-023-00312-7

Juliasari, Juli, A., Malihah, I., & Ari, L. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pemasaran Akun @ Somethincofficial. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 2(1), 260–265.

Nisaa, T. A., & Suryono, J. (2025). Meningkatkan Penjualan Umkm Dan Keterlibatan Pelanggan Melalui Personal Branding Periklanan Media Sosial. Bina Ilmiah, 19(1978), 5145–5156.

Panuju, R. (2019). Pemasaran Pemasaran sebagai Gejala Komunikasi dan Komunikasi sebagai Strategi Pemasaran. Kencana Prenada Media Persada.

Suryono, J., Rahayu, N. T., Astuti, P. I., & Widarwati, N. T. (2020). Successful Social Media Advertising Activities For Micro, Small And Medium Enterprises. Mediator: Jurnal Komunikasi, 13(1), 31–40. https://doi.org/10.29313/mediator.v13i1.5782

Vildira, R., Dewi, S. M., Padang, N., & Padang, A. T. (2024). Pengaruh Konten Tutorial Kecantikan di Instagram Terhadap Minat Beli Kosmetik Wajah pada Mahasiswi Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang. Pariwisata Indonesia (Tamasya), 1(4), 7–16.

Published

2025-05-15

How to Cite

Ramadan, A. P., & Kusumawati, H. S. (2025). Persepsi Pengikut Akun @Feilianaveve Terhadap Konten Iklan Produk Makeup Dalam Meningkatkan Minat Beli. Media and Empowerment Communication Journal, 4(1), 65–78. Retrieved from https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/mecomm/article/view/7407