Strategi Pemberitaan Sukoharjonews.com dalam Menghadapi Persaingan Media Berita Online

Authors

  • Patrisia Argi Satuti Patrisia Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Joko Suryono
  • Henny Sri Kusumawati

Keywords:

strategi, pemberitaan, sukoharjonews.com, persaingan, media online

Abstract

Sukoharjonews.com merupakan portal media berita online lokal di Kabupaten Sukoharjo, Tantangan terbesar portal berita online ini yaitu persaingan antar media berita online yang semakin massif dan kompetitif dalam merebut pembaca atau viewer. Jika tidak berbenah dalam memperbaiki konten dan layout tentu akan kalah dalam bersaing memperebutkan pembaca dan viewer. Untuk itu, penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana strategi pemberitaan yang ditonjolkan oleh redaksi sukoharjonews.com dalam menghadapi persaingan media berita online di Sukoharjo. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyimakan (observasi partisipan), wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 4 orang staf redaksi dengan menggunakan teknik purposive sampling, yakni mereka yang memiliki pengalaman dalam pemberitaan sukoharjonews.com. terdiri dari informan key yakni pimpinan redaksi dan editor, serta informan pendukung yakni reporter dan admin media sosial. Analisis data menggunakan model analisis data Miles and Huberman yang meliputi pengumpulan data, pemilahan dan pemilihan data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa sukoharjonews.com dalam menghadapi persaingan media berita online, menggunakan dua strategi konten prioritas dengan menonjolkan konten berita lokal dan konten berita viral. Kedua
konten prioritas tersebut ditulis dengan peimilihan kata kuinci yang unik dan menarik minat pembaca. hasilnya sangat beirpeingaruih pada SEiO, yang meinuinjang trafik visitor media online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia. (2018). Strategi Pemberitaan Tribunsolo.com Dalam Menghadapi Persaingan Media

Online. Skripsi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah.

Amalia, K. (2018). Strategi Pemberitaan Tribunsolo.Com Dalam Menghadapi Persaingan Media

Online.

Bungin, B. (2006). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Effendy, O. U. (2006). Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kusumaningrat, H. (2005). Jurnalistik Teori dan Praktik . Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Masri & Sareb . (2006). Teknik Menulis Berita dan Feature. (Jakarta: PT. Indeks.

McQuail, Denis. (2000). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Erlangga.

Moleong, L. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munanda Okki Saputro, J. S. (2023). Analisis Framing Tragedi Kanjuruhan Pada Media Online

CNN Indonesia. Media and Empowerment Communication Journa(Issue 1 (2023), Mei, pp 40-

.

Nasution1, R. F. (2022). STRATEGI PEMBERITAAN TRIBUNMEDAN.COM.

Nuri Suryani, Joko Suryono, Betty Gamma, Bono Setyo, (2019). Faktor Faktor Kebijakan

Redaksional Youtube Solopos. Media and Empowerment Communication Journal, 19.

Ratu, P. S. (2011). New Audience (New Media dan Kemunculan Spesies Baru Audien:

Rekonseptualisasi Audience di Era Media Digital. Bab New Media: Teori dan Aplikasi.

Artikel New Media.

Romli; Syamsul Asep. (2012). Jurnalistik Online : Panduan Mengelola Media Online. Bandung:

Nuansa Cendekia.

Setiati, E. (2005). Ragam Jurnalistik Baru dalam Pemberitaan. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Suryono, J. (2020). Kegiatan Periklanan Media Sosial yang Sukses untuk Usaha Mikro, Kecil dan

Usaha Menengah.

Yunus Ahmad , Syaibani. (2011). New Media : Teori dan Perkembangannya. New Media dan

Aplikasi Surakarta : Lindu Pustaka, 5.

Published

2023-12-28

How to Cite

Patrisia, P. A. S., Suryono , J., & Sri Kusumawati , H. (2023). Strategi Pemberitaan Sukoharjonews.com dalam Menghadapi Persaingan Media Berita Online. Media and Empowerment Communication Journal, 2(2), 33–44. Retrieved from https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/mecomm/article/view/4834