Pengaruh Penggunaan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Model APOS Berbantuan Geogebra Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematika
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustini, N. M. S. (2018). Tripusat Pendidikan Sebagai Lembaga Pengembangan Teori Pembelajaran Bagi Anak. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 9(2), 25–46. https://doi.org/10.31942/mgs.v9i2.2543
Anwar, R. (2017). Desain Didaktis Interaktif Problem Solving Matematis pada Pokok Bahasan Kesebangunan. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(1), 68–73.
Erawati, N. K. (2018). Penerapan Siklus ACE APOS pada Mata Kuliah Analisis Riil. Emasains : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(1), 22–28. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/88
Fatimah, F., Tampani, Y., & Pindi, M. I. A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Teori Apos Pada Siswa Kelas VII c MTs Husnul Khatimah. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 17(1), 19. https://doi.org/10.35329/fkip.v17i1.1945
Febriandi, R. F., Susanta, A. S., & Wasidi, W. W. (2019). Validitas Lks Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(2), 148–158. https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i2.10612
Fitriana, D., Yusuf, M., & Susanti, E. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Menggunakan Pendekatan Saintifik Untuk Melihat Berpikir Kritis Siswa Materi Perbandingan. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1–17. https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3629.23-38
Haji, S., Sari, W. P., Zamzaili, & Yumiati. (2021). The Impact of an Exploratory Approach in Teaching Mathematics to the Critical Thinking Skills of Junior High School Students. Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2020), 532(532), 423–427. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210227.071
Hanifah. (2019a). Learning integration techniques by APOS model and analysis of student’s error. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(12), 146–153.
Hanifah. (2019b). Building Critical, Tenacious, and Confident Characters through Application of APOS Model: Case study in integral calculus learning. 295(ICETeP 2018), 107–111. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.26
Hanifah. (2021a). Problem Solving Ability of Integration Technique in Integral Calculus Learning Based on APOS Model of Mathematics Education Students. Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2020), 532(532), 203–209. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210227.036
Hanifah. (2021b). Practicality test of student worksheet (SWS) based on: Action, Process, Object, Schema (APOS model) assisted on Geogebra the subject of Riemann sum. Journal of Physics: Conference Series, 1731(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1731/1/012035
Hanifah & Istikomar. (2021). Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Barisan Bilangan Riil Berbantuan Geogebra Berbasis Model APOS. Bengkulu: UPP FKIP UNIB.
Purnomo, J. (2021). Kebermanfaatan Penggunaan Geogebra dalam pembelajaran Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education. 8, 9–22.
Robiah & Rahmawati. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 4(1). DOI10.22460/jpmi.v4i1.97-06.
Sari, R. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan Semester Gasal Kelas XI OTKP di SMK YPM 3 Taman. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 440–448.
Toni. (2022). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik pada Muatan Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Solving di Kelas VI SDN 146 / X Tanjung Solok pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021 / 2022. Journal on Education 04(02), 568–579.
Susanta, A., & Koto, I. (2021). Pelatihan Penggunaan Geo Gebra Untuk Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Abdi Pendidikan, 02(1), 23–29. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jap/article/view/17890
Tamam, B., & Dasari, D. (2021). The use of Geogebra software in teaching mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012042
Trinofita, B., Susanta, A., & Hanifa. (2019). Pengaruh Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 1–5.
Utami, C. A., Haji, S., & Zamzaili. (2017). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Strategi Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMKN 3 Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 130–138.
DOI: https://doi.org/10.32585/absis.v4i2.2500
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 istikomar istikomar, Hanifah Hanifah, Hari Sumardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Absis: Mathematics Education Journal
ISSN 2686-0104 (print)| 2686-0090 (online)
Universitas Veteran Bangun Nusantara
Jl. Letjen. S. Humardani No. 1 Jombor, Sukoharjo, Central Java, Indonesia
W: http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/absis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.