PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Penulis

  • Sili Wijak Styawan
  • Dewi Susilowati
  • Andhika Ayu Wulandari

DOI:

https://doi.org/10.32585/absis.v1i1.308

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo semester genap dengan jumlah 93 siswa. Dari teknik cluster random sampling diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Analisis uji t,dari hasil penelitian diperoleh         = 3,0409 >        = 2,0170 dengan taraf signifikan ? = 0,05, maka ada perbedaan rata-rata nilai akhir kelompok eksperimen dengan kontrol. Maka dapat diambil kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun ajaran 2018/2019.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2019-08-13

Cara Mengutip

Styawan, S. W., Susilowati, D., & Wulandari, A. A. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Absis: Mathematics Education Journal, 1(1), 13–18. https://doi.org/10.32585/absis.v1i1.308

Terbitan

Bagian

Artikel