ANALISIS FAKTOR-FAKTOR MINAT MASYARAKAT DALAM BETERNAK KAMBING DI DESA PRAIBANA KECAMATAN PABERIWAI

Authors

  • Bertho Nduka Ndapalewa Program Studi Peternakan, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • I Made Adi Sudarma Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Iven Patu Sirappa Program Studi Peternakan, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

DOI:

https://doi.org/10.32585/ags.v6i2.1617

Keywords:

Analisis, Beternak Kambing, Minat Masyarakat

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui minat masyarakat dalam beternak kambing di Desa Praibana Kecamatan Paberiwai Kabupaten Sumba Timur. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 04 September sampai pada 04 Desember 2020 di Desa Praibana Kecamatan Paberiwai Kabupaten Sumba Timur. Penelitian ini memakai metode survei dengan jumlah responden sebanyak 29 peternak. Akumulasi data dengan cara wawancara dan observasi. Dengan akumulasi data yang dipakai yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data primer dan data sekunder adalah data yang dipakai dalam penelitian ini. pada penelitian ini memakai alat analisis deskriptif serta mengunakan tabel distribusi frekuensi dalam penyajian tabel. Minat masyarakat diukur menggunakan skala linkert dalam beternak kambing. Hasil yang didapat dalam penelitian ini ialah dari setiap variabel berdasarkan faktor-faktor minat masyarakat yaitu pengalaman beternak, peran pemerintah, pendapatan dan ketersedian pakan berada pada kategori cukup. Dengan ini bahwa beternak kambing cukup mendorong minat masyarakat di Desa Praibana Kecamatan Paberiwai Kabupaten Sumba Timur dengan ini bahwa upaya dalam beternak kambing dapat dijadikan sebagai salah satu pencaharian utama masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

I Made Adi Sudarma, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

prodi Peternakan Universitas Kristen Wira Wacana

References

BPS. Kecamatan Paberiwai. 2018. Kecamatan Paberiwai Dalam Angka 2017. Kecamatan Paberiwaii, Unggahan.

Faisal, 2017. Faktor-Faktor Yang Memotivasi Masyarakat Beternak Kambing Di Desa Buttu Baruga Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majena (Studi Kasus: Desa Buttu Baruga). Skripsi Jurusan Ilmu Peternakan Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar.

Halim, S. 2017. Pengaruh Karakteristik Peternak Terhadap Motivasi Beternak Sapi Potong Di Kelurahan Bangkala Kecamatan Maiwa. Skripsi Fakultas Peternakan Universitas Hasanudin Makasar.

Hidayat, A. N. 2019. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Dalam Mengembangkan Sapi Potong. Agrica (Jurnal Agribisnis Sumatra Utara).

Karmila, 2013. Faktor-Faktor Yang Menentukan Pengambilan Keputusan Peternak Dalam Memulai Usaha Peternakan Ayam Ras Petelur Di Kecamatan Bissappu Kabupaten Banteang. Skripsi Fakultas Peternakan Universitas Hasanudin Makasar.

Kurniasih, N. N., A. M. Fuah & Priyanto R, 2013. Karakteristik Reproduksi Dan Perkembangan Populasi Kambing Peranakan Etawa Di Lahan Pacca Galian Pasir. Jurnal Ilmu Reproduksi Dan Teknologi Peternakan.

Mulyadi, D. Kusmayadi, T. Rohayati, T. Herawati, E. & Hadist, I. 2019. Analisis Minat Masyarakat Terhadap Usaha Ternak Kambing Di Kecamatan Ciewu Kabupaten Garut. Jurnal Ilmu Peternakan Fakultas Petanian Universitas Garut.

M. D. I. Hamdani & Rumiyani, T. 2017. Status Sosial Ekonomi Peternakan Kambing Peranakan Ettawa Di Desa Sungai Langka Kecamtan Gedong Tataan Kabupaten Pasawaran Provinsi Lampung. Jurnal Ilmu Peternakan Terpadu. Vol. 5(2): 44-48.

Rusadi, Dwiko Septiyadi. 2015. Pengaruh Sosial Ekonomi Terhadap Minat Pemuda Dalam Beternak Sapi Potong Di Desa Bontu Cindi Kecamatan Bissappu Kabupaten Banteang. Skripsi. Fakultas Peternakan Universitas Hasanudin Makasar.

Rusdi, M. 2013. Analisis Pilihan Masyarakat Untuk Beternak Kambing Di Desa Lempa Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Skripsi. Fakultas Peternakan Universitas Hassanudin Makasar.

Sukardi. 3013. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi peternak dalam usaha peternakan kambing di kecamatan tamalatea kabupaten jeneponto. Skripsi. Fakultas peternakan universitas hassanudin makasar.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Ndapalewa, B. N., Sudarma, I. M. A., & Sirappa, I. P. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR MINAT MASYARAKAT DALAM BETERNAK KAMBING DI DESA PRAIBANA KECAMATAN PABERIWAI. Agrisaintifika: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 6(2), 86–92. https://doi.org/10.32585/ags.v6i2.1617