Analisis penggunaan aplikasi whatsapp terhadap pembelajaran daring (studi kasus mahasiswa pendidikan biologi FKIP UM parepare)
DOI:
https://doi.org/10.32585/jbl.v3i1.1349Keywords:
Aplikasi Whatsapp, Pembelajaran DaringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan aplikasi WhatsApp pada pembelajaran online mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2017 FKIP UM Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-September 2020. Sampel penelitian adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi angkatan 2017 yang masih aktif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kategorisasi penggunaan aplikasi WhatsApp dan pembelajaran online mata pelajaran Biologi angkatan 2017 berada pada kategori sangat tinggi. Ada hubungan yang kuat (nilai sig (p) 0,000) penggunaan aplikasi WhatsApp terhadap pembelajaran online mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2017 FKIP UM Parepare.
Downloads
References
Abdulhak, I dan Deni, D. (2015). Teknologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Afnibar dan Fajhriani. (2020). Pemanfaatan WhatsApp Sebagai Media Komunikasi Antara Dosen dan Mahasiswa dalam Menunjang Kegiatan Belajar (Studi Terhadap Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam.11(1), 70-83.
Basori. (2013). Pemanfaatan Social Learning Network “Edmodo” dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS. Jurnal JIPTEK, VI, 99-105.
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. The Internet and Higher Education, 19, 18-26.
Jumiatmoko, M. (2016). Whatsapp Messenger dalam Tinjauan Manfaat dan Adab. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 3 (1), 51. https://doi.org/10.21580/wa.v3i1.872.
Kamila, P. H. 2019. Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia di SMP Islam Al Wahab Jakarta. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta. (Unpublished).
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110.
Kuo, Y. C., Walker, A. E., Schroder, K. E., & Belland, B. R. (2014). Interaction, Internet self-efficacy, and self-regulated learning as predictors of student satisfaction in online education courses. The internet and higher education, 20, 35-50.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.
Pangestika, L. N. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp terhadap Penyebaran Informasi Pembelajaran di SMAN 5 DEPOK. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta. (Unpublished).
Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019, February). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).
Prajana, A. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp untuk Media Pembelajaran dalam Lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1 (2), 122. https://doi.org/10.22373/cs.v1i2.1980.
Rani, M. S. (2019). Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme. 1(2).
So, S. (2016). Mobile instant messaging support for teaching and learning in higher education. The Internet and Higher Education, 31, 32-42.
Suryadi, dkk. (2018). Penggunaan Sosial Media WhatsApp Dan Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam. 7 (1). 1-22.
Trisnani. (2017). Pemanfaatan Whatsapp sebagai Media Komunikasi dan WhatsApp Utilization As Media Communication and Satisfaction In Submission of Messages among People of the Community. Jurnal Komunikasi Media dan Informatika, 6 (3), 1-12.
Oknisih, N., & Suyoto, S. (2019). Penggunaan Aplen (Aplikasi Online) Sebagai Upaya Kemandirian Belajar Siswa. In Seminar Nasional pendidikan Dasar. Vol. 1, No. 01.
Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20 (2). https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763
Wicaksono dan Prajanaya, H. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp (WA) di Kalangan Pelajar: Studi Kasus di MTS Al Muddatsiriyah dan MTS Jakarta Pusat Universitas YARSI. Jurnal ORBITH, 14 (1), 59-67.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Biology Learning agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.