Pemanfaatan aplikasi google oleh guru di sekolah dalam menunjang proses pembelajaran secara daring
DOI:
https://doi.org/10.32585/jbl.v3i1.1351Keywords:
Pembelajaran Daring, Aplikasi Google, GuruAbstract
Faktor utama permasalahan mitra adalah belum memaksimalkan sepenuhnya media pembelajaran berbasis aplikasi google teknologi informatika atau komputer yang seharusnya sudah bisa diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran terutama di masa pandemi seperti saat ini. Dari alasan tersebut, maka tujuan dari studi ini ialah untuk mengetahui seberapa pentingnya aplikasi google bagi kebutuhan para guru dalam memberikan pembelajaran secara daring di tengah pandemi Covid-19. Metode yang ditawarkan berupa pelatihan sekaligus pendampingan intensif selama 3-5 kali tatap muka berupa penguasaan beberapa aplikasi google di komputer atau telepon selular untuk seluruh guru-guru/ staf pengajar di sekolah, selanjutnya diberikan kuesioner dan evaluasi. Dari peserta guru sebagai sampel kuesioner pembelajaran daring, hanya 11,11% yang menyatakan bahwa aplikasi google tidak atau kurang membantu mereka dalam menyelesaikan tugas/pekerjaan di kegiatan belajar dan pembelajaran. Namun hanya sebanyak 55,55% yang menyatakan tidak menemukan kesulitan dalam penggunaan aplikasi google, itu pun yang sifatnya familiar. Hal tersebut diduga karena seringnya menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut sehingga akhirnya terbiasa dan menjadi mudah. Jadi, berdasarkan hasil kuesioner ini disimpulkan bahwa para guru masih perlu diberikan pelatihan terkait sosialisasi penggunaan aplikasi google karena masih banyaknya aplikasi google yang belum familiar digunakan sebagai media untuk pembelajaran daring
Downloads
References
Apsita, D. N., Wiharti, T., & Suwarto, S. (2019). Peningkatan Aktivitas dan hasil Belajar Biologi Melalui Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Xl MIPA 1 SMA Negeri 1 Tawangsari. Journal of Biology Learning, 1(2), 95–103. https://doi.org/10.32585/.v1i2.507
Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. (2017). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa Smk Untuk Mendukung Pembelajaran. In Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia (pp. 340–348).
Hakim, A. B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-Statement, 2(1), 1–4.
Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584
Hapsari, M. J. (2019). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika Tipe Think Pair Share Di SMKN 3 Banjarmasin. SENPIKA II (Seminar Nasional Pendidikan Matematika), Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, 12 Oktober 2019, 153–161.
Herianus. (2020). Penggunaan aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi guru pada masa pandemi covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 542–547.
Maryeni, Y. (2013). Aplikasi E-Learning sebagai Model Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Vokasi, 9(1), 27–39.
Mulatsih, B. (2020). Penerapan Aplikasi Google Classroom , Google Form , Dan Quizizz Dalam Pembelajaran Kimia Di Masa Pandemi Covid-19 Application of Google Classroom , Google Form and Quizizz in Chemical Learning During the Covid-19 Pandemic. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16–26.
Nopriadi. (2016). ANALISA PENGARUH GOOGLE APPS FOR EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP DI KOTA BATAM. Jurnal Ilmiah Media Processor, 11(1), 720–730. Retrieved from http://processor.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/90/107
Priyatna, S. E. (2016). Pemanfaatan Fasilitas Google dalam Perkuliahan di Fakultas Dakwah, 4(7), 55–58.
Rahmad, R., Adria Wirda, M., Berutu, N., Lumbantoruan, W., & Sintong, M. (2019). Google classroom implementation in Indonesian higher education. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012153
Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. PROSIDING SEMINAR NASIONAL LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS NEGERI Makasar, 122–125.
Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 533–538.
Soni, Hafid, A., Hayami, R., Fatma, Y., Wenando, F. A., Amien, J. Al, … Hasanuddin. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 2(1), 17–20.
Suyoso, Y. A., Astusi, E. S., & Yuniarto, S. R. (2016). Analisis Penggunaan Google dan Pengaruh terhadap Kinerja ( Studi Pada Mahasiswa S-1 Angkatan 2013-2014 Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya ). Jurnal Administrasi Bisnis, 39(2), 135–140.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Biology Learning agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.