Studi Literatur Peningkatan Kemampuan Analisis Siswa Melalui Model PBL Pada Pembelajaran IPA Biologi
DOI:
https://doi.org/10.32585/jbl.v3i2.1526Keywords:
Kemampuan analisis, Studi literatur, PBLAbstract
Penelitian studi literatur ini bertujuan untuk mengkaji berbagai literatur tentang model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa. Kajian literatur yang dilakukan bahwa model PBL (Problem based learning) dapat meningkatkan kemampuan analisis. Penelitian studi literature menggunakan desain penelitian narrative review. Artikel ilmiah yang digunakan sebanyak 17 artikel yang berasal dari jurnal internasional, jurnal nasional. Kriteria validasi artikel ilmiah meliputi kriteria kredibilitas sumber, kualitas metodologi riset, kualitas penyajian data dan pembahasan, kecukupan data, kemutakhiran 10 tahun terakhir. Teknik penyajian data dalam bentuk tabel. Teknik analisis data berupa analisis kualitatif model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian studi literatur menunjukkan bahwa model PBL terutama yang dikombinasikan dengan mind map dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa sekolah menengah pada pembelajaran biologi. Sintaks model pembelajaran PBL yang dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa meliputi mengorientasikan siswa pada masalah, membantu siswa untuk investigasi mandiri dan kelompok, menganalisis dan mengevaluasi proses.
Downloads
References
A’la. (2010). Quantum Teaching. Yogyakarta: Diva Press.
Afisha, H. M. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berargumentasi dan Hasil belajar Siswa. Artikel Ilmiah.
Arnold, R. D., & Wade, J. P. (2015). A definition of systems thinking: A systems approach. Procedia Computer Science, 44, 669–678. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.03.050
Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (Pbl). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 38–48. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3263
Chris Hart. (2018). Doing a literature review. In 2nd Edition. UK: SAGE PUBLICATIONS.
Dewi, E. H. P., Akbari, S., & Nugroho, A. A. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono. Journal of Biology Learning, 1(1), 53–62. https://doi.org/10.32585/.v1i1.251
Dini, A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Kemampuan Menganalisis Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Kuningan Pada Materi Kingdom Animalia. Skripsi Pendidikan Biologi Universitas Kuningan.
Jauhar, M. (2011). Implementasi PAIKEM dari Behavioristik Sampai Konstruktivistik Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL (Contextual Teaching & Learning). Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Marini MR. (2014). Analisis Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Dengan Gaya Belajar Tipe Investigasi Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Artikel Ilmiah, 1–10.
Nurhidayat. (2012). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Aktivitas dan Penguasaan Konsep Pada Pokok Bahasan Archaebacteria dan Eubancteria Siswa Kelas X SMAN 2 Bantul. Skripsi Pendidikan Biologi UIN SUKA.
Rahmawati, Achmad Amirudin, J. P. B. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa SMA.
Sulistiyaningih, S. (2019). Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA bagi Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Jenar. Journal of Biology Learning, 1(2), 71–77. https://doi.org/10.32585/.v1i2.391
Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kostruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
U.Maghfiroh, S. (2011). Penerapan Pembelajaran Fisika Bervisis Sets Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7, 6–12.
Zed. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Biology Learning agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.