Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Index Card Match dan Talking Stick Pada Pembelajaran Biologi di Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.32585/jbl.v3i2.1728Keywords:
Index Card Match Talking Stick Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan Talking Stick pada materi protista di kelas X IPA MAS Cipta Simpang Dolok Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi yaitu anak kelas X IPA dengan Sampel X IPA-1 sebagai kelas eksperimen I dan X IPA-2 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi ?=0,05. Hasil uji hipotesis data postest Model pembelajaran Index Card Match dan Talking Stick diperoleh t hitung = 2,1063 dan daftar t tabel = 2,0168. Jika, t hitung > t tabel maka Ha diterima Ho ditolak.
Downloads
References
Afriadi, R., & Yuni, R. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Remaja Usia Sekolah Ditinjau Dari Teori Pendidikan Seks. Jurnal Biolokus, 1(1).
Ali, Z. N. (2017). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENCATATAN JURNAL KHUSUS SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2016/2017. Yogyakarta.
dewi mustikasari, F., Suratno, & Wahyuni, D. (2014). Penerapan Strategi Index Card Match Dengan Teknik Mind Maping Dalam Meningkatkan Karakter Dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Penelitian, 3(1), 37–48.
Ihsan, F. (2013). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rhineka Cipta.
Literate, S., & Indonesia, J. I. (2020). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. PENGARUH PENGGUNAAN PASTA LABU KUNING (Cucurbita Moschata) UNTUK SUBSTITUSI TEPUNG TERIGU DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG ANGKAK DALAM PEMBUATAN MIE KERING, 1(2), 274–282.
Nazliah, R. (2018). Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Dengan Model Pembelajaran Observasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 2 Kualuh Selatan. Jurnal Biolokus, 1(2), 85. https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.348
Safitri, I., Ibrahim, M. M., & Nursalam, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Talking Stick Dengan Bantuan Media Choose Number Terhadap Hasil Belajar Biologi Di Smp Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Biotek, 6(1), 131. https://doi.org/10.24252/jb.v6i1.5144
Satriawati. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Tgt (Teams Games Tournaments) Terhadap Prestasi Belajar Biologi Pada Siswa Kelas Xii Mia-5 Man 3 Medan. Jurnal Biolokus, 2(2).
Solekhah, S., Poerwanti, J. I. S., & Wahyuningsih, S. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(3), 117–122.
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipita.
Sukardjo, & Komarudin, U. (2009). Landasan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Biology Learning agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.