Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Index Card Match dan Talking Stick Pada Pembelajaran Biologi di Kelas X SMA

Authors

  • Wilda Amini Program Studi Tadris Biologi, UIN Sumatera Utara, Medan
  • Kartika Manalu Program Studi Tadris Biologi, UIN Sumatera Utara, Medan
  • Khairuddin Khairuddin Program Studi Tadris Biologi, UIN Sumatera Utara, Medan

DOI:

https://doi.org/10.32585/jbl.v3i2.1728

Keywords:

Index Card Match Talking Stick Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan Talking Stick pada materi protista di kelas X IPA MAS Cipta Simpang Dolok Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi yaitu anak kelas X IPA dengan Sampel X IPA-1 sebagai kelas eksperimen I dan X IPA-2 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar bentuk pilihan ganda. Teknik  analisis data menggunakan uji t pada  taraf  signifikansi ?=0,05. Hasil uji hipotesis data postest Model pembelajaran Index Card Match dan Talking Stick  diperoleh t hitung = 2,1063 dan daftar t tabel = 2,0168. Jika, t hitung > t tabel maka Ha diterima Ho ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wilda Amini, Program Studi Tadris Biologi, UIN Sumatera Utara, Medan

Program  Studi  Tadris  Biologi, UIN  Sumatera  Utara, Medan

Kartika Manalu, Program Studi Tadris Biologi, UIN Sumatera Utara, Medan

Program  Studi  Tadris  Biologi, UIN  Sumatera  Utara, Medan

Khairuddin Khairuddin, Program Studi Tadris Biologi, UIN Sumatera Utara, Medan

Program  Studi  Tadris  Biologi, UIN  Sumatera  Utara, Medan

References

Afriadi, R., & Yuni, R. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Remaja Usia Sekolah Ditinjau Dari Teori Pendidikan Seks. Jurnal Biolokus, 1(1).

Ali, Z. N. (2017). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENCATATAN JURNAL KHUSUS SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2016/2017. Yogyakarta.

dewi mustikasari, F., Suratno, & Wahyuni, D. (2014). Penerapan Strategi Index Card Match Dengan Teknik Mind Maping Dalam Meningkatkan Karakter Dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Penelitian, 3(1), 37–48.

Ihsan, F. (2013). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rhineka Cipta.

Literate, S., & Indonesia, J. I. (2020). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. PENGARUH PENGGUNAAN PASTA LABU KUNING (Cucurbita Moschata) UNTUK SUBSTITUSI TEPUNG TERIGU DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG ANGKAK DALAM PEMBUATAN MIE KERING, 1(2), 274–282.

Nazliah, R. (2018). Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Dengan Model Pembelajaran Observasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 2 Kualuh Selatan. Jurnal Biolokus, 1(2), 85. https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.348

Safitri, I., Ibrahim, M. M., & Nursalam, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Talking Stick Dengan Bantuan Media Choose Number Terhadap Hasil Belajar Biologi Di Smp Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Biotek, 6(1), 131. https://doi.org/10.24252/jb.v6i1.5144

Satriawati. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Tgt (Teams Games Tournaments) Terhadap Prestasi Belajar Biologi Pada Siswa Kelas Xii Mia-5 Man 3 Medan. Jurnal Biolokus, 2(2).

Solekhah, S., Poerwanti, J. I. S., & Wahyuningsih, S. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(3), 117–122.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipita.

Sukardjo, & Komarudin, U. (2009). Landasan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Amini, W., Manalu, K., & Khairuddin, K. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Index Card Match dan Talking Stick Pada Pembelajaran Biologi di Kelas X SMA. Journal of Biology Learning, 3(2), 81–87. https://doi.org/10.32585/jbl.v3i2.1728