Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching dipadu Mind Mapping Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi SMA Kelas XI
DOI:
https://doi.org/10.32585/jbl.v3i2.1747Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, Reciprocal Teaching, Mind Mapping, Aktivitas Belajar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching (pembelajaran terbalik) dipadu Mind Mapping terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa yaitu dengan menggunakan rumus TCR (Tingkat Capaian Responden) dan untuk hasil belajar siswa analisis data menggunakan uji hipotesis statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan aktivitas dan hasil belajar siswa terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching dipadu Mind Mapping dimana aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen > kelas kontrol sehingga Ha diterima. Perolehan hasil belajar siswa melalui uji hipotesis statistik menunjukan bahwa harga thitung yaitu 7,28 dan harga ttabel 2,068, artinya thitung > ttabel, maka Ha diterima.
Downloads
References
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109. https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351
Diah Khusnia, D. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (Pengajaran Terbalik) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 484–489. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/viewFile/18478/14652
Faturrohman, P., & Sutikno, S. (2017). Strategi Mengajar melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.
Hidayat, I. (2019). 50 Strategi Pembelajaran Populer. Yogyakarta: Diva Press.
Hidayati, F. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MAN 1 ACEH BESAR. UNIVERSITAS ISLAMNEGERI AR-RANIRY DARUSSALAM.
Laili, A. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Resiprocal Teaching Terintregasi Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Pada Konsep Sistem Sirkulasi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Mardianto. (2018). Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Nata, A. (2012). Manajemen Pendidikan. Jakart: Kencana.
Nugroho, A. A. (2017). The implementation of collaborative-based guided discovery reviewed from students’ analytical thinking skills and social skills. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 128. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14508
Rizka, R. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG. https://doi.org/10.22202/economica.2017.v6.i1.1941
Sanjaya, R. (2018). PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS XI. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH.
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipita.
Swadarma, D. (2013). Penerapan Mind Mapping Dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Windura, S. (2013). 1st Mind Map. Jakarta: PT Gramedia.
Zahrotun Nisa, Setiati, N., & Ridlo, S. (2016). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PROTISTA. Journal of Biology Education, 5(3), 261–270.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Biology Learning agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.