Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching dipadu Mind Mapping Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi SMA Kelas XI

Authors

  • Indayana Febriani Tanjung Tadris Biologi, UIN Sumatera Utara, Indonesia
  • Khairuna Khairuna Tadris Biologi, UIN Sumatera Utara, Indonesia
  • Santi Santi Tadris Biologi, UIN Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32585/jbl.v3i2.1747

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Reciprocal Teaching, Mind Mapping, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching (pembelajaran terbalik) dipadu Mind Mapping terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa yaitu dengan menggunakan rumus TCR (Tingkat Capaian Responden) dan untuk hasil belajar siswa analisis data menggunakan uji hipotesis statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan aktivitas dan hasil belajar siswa terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching dipadu Mind Mapping dimana aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen > kelas kontrol sehingga Ha diterima. Perolehan hasil belajar siswa melalui uji hipotesis statistik menunjukan bahwa harga thitung yaitu 7,28 dan harga ttabel 2,068, artinya thitung > ttabel, maka Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Indayana Febriani Tanjung, Tadris Biologi, UIN Sumatera Utara, Indonesia

Mahasiswa Tadris Biologi, UIN Sumatera Utara, Indonesia

Khairuna Khairuna, Tadris Biologi, UIN Sumatera Utara, Indonesia

Tadris Biologi, UIN Sumatera Utara, Indonesia

Santi Santi, Tadris Biologi, UIN Sumatera Utara, Indonesia

Tadris Biologi, UIN Sumatera Utara, Indonesia

References

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109. https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351

Diah Khusnia, D. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (Pengajaran Terbalik) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 484–489. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/viewFile/18478/14652

Faturrohman, P., & Sutikno, S. (2017). Strategi Mengajar melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.

Hidayat, I. (2019). 50 Strategi Pembelajaran Populer. Yogyakarta: Diva Press.

Hidayati, F. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MAN 1 ACEH BESAR. UNIVERSITAS ISLAMNEGERI AR-RANIRY DARUSSALAM.

Laili, A. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Resiprocal Teaching Terintregasi Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Pada Konsep Sistem Sirkulasi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Mardianto. (2018). Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Nata, A. (2012). Manajemen Pendidikan. Jakart: Kencana.

Nugroho, A. A. (2017). The implementation of collaborative-based guided discovery reviewed from students’ analytical thinking skills and social skills. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 128. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14508

Rizka, R. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG. https://doi.org/10.22202/economica.2017.v6.i1.1941

Sanjaya, R. (2018). PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS XI. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipita.

Swadarma, D. (2013). Penerapan Mind Mapping Dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Windura, S. (2013). 1st Mind Map. Jakarta: PT Gramedia.

Zahrotun Nisa, Setiati, N., & Ridlo, S. (2016). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PROTISTA. Journal of Biology Education, 5(3), 261–270.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Tanjung, I. F., Khairuna, K., & Santi, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching dipadu Mind Mapping Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi SMA Kelas XI. Journal of Biology Learning, 3(2), 65–74. https://doi.org/10.32585/jbl.v3i2.1747