Implementasi Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Aliyah Al Hadi Girikusuma

Authors

  • Asfaroni Asfaroni Universitas Nahdlatul Ulama Jepara
  • Roehana . Universitas Nahdlatul Ulama Jepara
  • Sukarman . Universitas Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v34i2.6595

Keywords:

Kepemimpinan transformasional, Kepala Madrasah, inovasi pendidikan

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi gaya kepemimpinan transformasional yang diterapkan oleh Kepala Madrasah Aliyah Al Hadi Girikusuma. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen terkait kepemimpinan di madrasah tersebut. Data dianalisis secara tematik untuk mengidentifikasi penerapan empat prinsip dasar kepemimpinan transformasional, yaitu pengaruh ideal (idealized influence), inspirasi motivasi (inspirational motivation), rangsangan intelektual (intellectual stimulation), dan pertimbangan individual (individualized consideration). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah berhasil menciptakan lingkungan yang inklusif dan partisipatif, memotivasi guru dan staf melalui komunikasi efektif, serta mendorong inovasi dalam pengelolaan pendidikan. Implementasi kepemimpinan transformasional ini berdampak positif pada peningkatan kualitas pembelajaran dan pengelolaan madrasah secara keseluruhan. Kesimpulannya, gaya kepemimpinan transformasional Kepala Madrasah Aliyah Al Hadi Girikusuma efektif dalam meningkatkan kinerja madrasah dan mendukung terciptanya suasana pendidikan yang inovatif dan adaptif.

 

Kata-kata Kunci: Kepemimpinan transformasional, Kepala Madrasah, inovasi pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baru, M. B. (2024). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Deli Murni Bandar Baru. Jurnal Impian: Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 4(1), 27–34.

Daswati. (2012). Implementasi Peran Kepemimpinan Dengan Gaya Kepemimpinan Menuju Kesuksesan Organisasi. fisip Untad, 04(01), 797.

Elbadiansyah. (2017). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah di MI Ma’arif NU 003 Samarinda. Cendekia, Vol 13 No, 1–12.

Farid, A. (2024). Kepemimpinan Transformasional dalam Meningkatkan mutu Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Kependidikan, 13(2), 1767–1780. https://jurnaldidaktika.org

Fitriyana. (2024). PENERAPAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Multazam, 6(2), 117–125.

Indriawati, P., Susilo, G., Quddus, I. A., & Ramadhan, F. (2023). Peran Supervisi Internal dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 3 Balikpapan institusional , keberhasilan guru dalam mendidik menjadi salah satu tolak ukur dalam sekolah . Secara tidak langsung kinerja guru juga yang menentukan masa depan sebuah para peserta didiknya . ( Sanjani , 2020 ), berpendapat bahwa , “ guru merupakan satu diantara. 75–82.

Kiki Rizki Amalia Putri, Suryadi, D. R. (2020). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Jakarta Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Menengah Atas ( Sma ) Negeri 89 Jakarta. Jurnal Pendidikan Intelektium, 1–9.

Longshore, J. M., & Bass, B. M. (1987). Leadership and Performance beyond Expectations. The Academy of Management Review, 12(4), 756. https://doi.org/10.2307/258081

Lumban Gaol, N. T. (2017). Teori dan Implementasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 213. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p213-219

Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, J. S. (1994). Research Methods. Experiencing Citizenship: Concepts and Models for Service-Learning in Political Science, 109–118. https://doi.org/10.4324/9781003444718-9

Nasution, D. N. (2023). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Di UPT SPF SD Negeri. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(2), 133–138.

Panji, A. L., & Muadin, A. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru SD Negeri 009 Penajam. Journal on Education, 06(01), 10369–10382.

Salam, A., & Majid, M. F. A. F. (2020). Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu. Indonesian Journal of Educational Management, 2(1), 45–61.

Shandilia, C., Ambawani, L., Saputra, I., Meista, T., Kusuma, M., Sumardjoko, B., Fathoni, A., Surakarta, U. M., Penggerak, K. S., & Guru, K. (2024). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Penggerak di TK. Journal of Education Research, 5(4), 4810–4823.

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9), 2709-2724.

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9), 356-370.

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). Pedagogik Ilmu Pengetahuan Alam. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S. (2023). The Characteristics of the First Semester Final Test Indonesian Class 7. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 14(1), 68-89.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Sudarwati, N., Nurhayati, D., Andayani, E., & Suwarto, S. (2023). Effects Of Using a Web Blog in Online Laboratory as A Digital Marketing Platform Towards Students’ Achievement with Different Motivation Levels in Entrepreneurship Learning Practicum. Eurasian Journal of Educational Research, 103(103), 173-189.

Wahyu Hidayat, Agus Gunawan, Purnomo Mulyosaputro, Wawan Gunawan, V. V. (2022). Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. jurnal pendidikan islam Irfani, 18(November), 126–134. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir/article/view/2149

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Asfaroni, A., ., R., & ., S. (2025). Implementasi Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Aliyah Al Hadi Girikusuma. Jurnal Pendidikan, 34(2), 109–118. https://doi.org/10.32585/jp.v34i2.6595

Issue

Section

Artikel

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.