Perubahan Paradigma Guru Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Authors

  • Dimas Teguh Saputra Universitas Muhammadyah Surakarta
  • Ranindya Candra Kartika Universitas Muhammadyah Surakarta
  • Bambang Sumardjoko Universitas Muhammadyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.4868

Keywords:

Perubahan paradigma, Kurikulum merdeka, Guru

Abstract

Perubahan kurikulum terjadi secara dinamis sesuai dengan perkembangan zaman. Perubahan paradigma diperlukan oleh guru dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman dalam menghadapi dinamika pendidikan yang terus berubah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perubahan paradigma guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di SD Negeri Bulukantil dengan sumber data pada penelitian ini ialah data primer yaitu kepala sekolah, tiga guru, komite sekolah, dengan total informan sebanyak lima orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan paradigma dalam kurikulum merdeka di SDN Bulukantil, perubahan tersebut menunjukkan dampak positif terhadap pendekatan pembelajaran guru. Perubahan paradigma dalam kurikulum merdeka di SD Negeri Bulukantil tercermin dalam berbagai aspek kurikulum, perubahan pendekatan dalam pembelajaran, maupun partisipasi guru dalam mengikuti pelatihan. Kesimpulannya Implementasi kurikulum merdeka di Sekolah Dasar, khususnya di SD Negeri Bulukantil telah membawa perubahan paradigma bagi para guru.

References

Alfaiz, A., Andre, J., Fahriza, I., Rachmaniar, A., Dartina, V., & Kadafi, A. (2023). Pembelajaran yang Menyenangkan: Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Terapan Abdimas, 8(1). https://doi.org/10.25273/jta.v8i1.13990

Annisa Alfath, Fara Nur Azizah, & Dede Indra Setiabudi. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora, Dan Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73

Ariesanti, D., Mudiono, A., & Arifin, S. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka dan Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6). https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.995

Ariga, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225

B. Milles dan Huberman. (2014). Qualitative Data Analysis. SAGE Publication.

Bungawati, B. (2022). Peluang dan Tantangan Kurikulum Merdeka Belajar Menuju Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan, 31(3). https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2847

Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2). https://doi.org/10.31949/jee.v5i2.4230

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3). https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243

Isa, I., Asrori, M., & Muharini, R. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4175

Kasnowo, K., & Hidayat, M. S. (2022). Penguatan Kompetensi SDM Guru melalui Kurikulum Merdeka di SDN Jatirejoyoso. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 1(3). https://doi.org/10.55542/jppmi.v1i3.251

Marengke, M. (2019). Konsep Pengembangan Kompetensi Guru. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 11(2). https://doi.org/10.46339/foramadiahi.v11i2.227

Samsu, S.Ag., M.Pd.I., Ph. D. (2017). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA) (Issue May 2021).

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). PEDAGOGIK ILMU PENGETAHUAN ALAM. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Downloads

Published

2024-03-12

How to Cite

Saputra, D. T., Candra Kartika, R., & Sumardjoko, B. (2024). Perubahan Paradigma Guru Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 33(1), 469–476. https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.4868

Issue

Section

Artikel