Upaya Sekolah dan Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • I Putu Ayub Darmawan Scopus ID: 57213174122; Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran, Jawa Tengah http://orcid.org/0000-0002-9467-8925
  • Patri Alinda Nalle Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran, Jawa Tengah
  • Magdalena Magdalena Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran, Jawa Tengah
  • Marderina Marderina Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran, Jawa Tengah
  • Yustina Julita Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran, Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v5i2.1254

Keywords:

Peran Orang Tua, Pembelajaran Masa Pandemi, Taman Kanak-Kanak

Abstract

Pandemi covid-19 telah memaksa pembelajaran dilaksanakan dengan cara berbeda. Siswa harus belajar dari rumah, sementara Sekolah dan guru harus menyelenggarakan pembelajaran yang efektif. Demikian pula orang tua harus berperan aktif melaksanakan pembelajaran dari rumah. Untuk itu, penulis melakukan penelitian terdahap upaya sekolah dan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan jika upaya TK Isa Almasih mewujudkan kegiatan belajar pada masa pandemi covid-19 adalah 1) Merancang pembelajaran yang menstimulus siswa belajar sesuai dengan tema belajar dan efisien secara ekonomi; 2) Bekerjasama dengan orang tua murid dengan mengadakan pertemuan terbatas membahas perkembangan siswa; 3) Menggunakan sosial media untuk  menyampaikan informasi yang berkaitan dengan bahan ajar dan pemberitahuan hasil belajar murid. Sementara bentuk keterlibatan orang tua dalam pembelajaran dari rumah yaitu 1) Menjadi penuntun anak dalam belajar dari rumah; 2) Orang tua berperan menjadi operator.


 

Abstract

The Covid-19 pandemic has forced learning to be carried out in a different way. Students must learn from home, while schools and teachers must organize effective learning. Likewise, parents must play an active role in carrying out learning from home. For this reason, the authors conducted research on school efforts and the involvement of parents in learning during the Covid-19 pandemic. This study uses a qualitative approach by collecting data through interviews. The results showed that the efforts of Isa Almasih Kindergarten to realize learning activities during the Covid-19 pandemic were 1) Designing learning that stimulates students to learn according to the learning theme and is economically efficient; 2) Collaborating with the parents by holding a limited meeting to discuss student development; 3) Using social media to convey information related to teaching materials and notification of student learning outcomes. While the forms of parental involvement in learning from home are 1) Being a guide for children in learning from home; 2) Parents act as operators.

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 04(1), 152–159. Retrieved from http://www.e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2203

Diana, R. (2019). Prinsip Teologi Kristen Pendidikan Orang tua terhadap Anak di Era Revolusi Industri 4.0. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(1), 27–39. https://doi.org/10.34307/b.v2i1.79

Efendi, N. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Lolong Belanti Padang. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 62. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.460

Ekayanti, N. W., & Puspawati, D. A. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Ditengah Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati 2020. Denpasar: Universitas Mahasaraswati Press. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/prosidingwebinarwanita/article/view/1246

Handayani, L. (2020). Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), 1(2), 2722–8878. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2

Hayati, A. S. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo, Kebumen. TASYRI’: JURNAL TARBIYAH-SYARI’AH ISLAMIYAH, 27(2), 23–32. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3552

Hutapea, R. H. (2020). Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Di Masa Covid-19. Didache: Journal of Christian Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.46445/djce.v1i1.287

Karnawati, K., & Mardiharto, M. (2020). Sekolah Minggu Masa Pandemi Covid 19: Kendala, Solusi, Proyeksi. Didache: Journal of Christian Education, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.46445/djce.v1i1.291

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Mary, E. (2020). Implikasi Ulangan 5:16 Dalam Pendidikan Keluarga. Didache: Journal of Christian Education, 1(2), 141. https://doi.org/10.46445/djce.v1i2.331

Nainupu, A. M. Y., & Emiyati, A. (2020). Kunci Keberhasilan Seorang Anak Dalam Pemaparan Alkitab. Didache: Journal of Christian Education, 1(2), 91. https://doi.org/10.46445/djce.v1i2.329

Nurjanah, N. (2007). Perilaku Seksual Pada Remaja Yang Berpacaran dan Remaja Yang Tidak Berpacaran. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulah, Jakarta.

Onyema, E. M., Eucheria, N. C., Sen, F. A. S., Atonye, F. G., Sharma, A., & Alsayed, A. O. (2020). Impact of Coronavirus Pandemic on Education. Journal of Education and Practice, 11(13), 108–121. https://doi.org/10.7176/jep/11-13-12

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Budi Santoso, P., Wijayanti, L. M., … Santoso, P. B. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Rianingtias, H. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Capaian Pembelajaran Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (Universitas Negeri Malang; Vol. 0). Universitas Negeri Malang. Retrieved from http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ASP/article/view/59246

Ritonga, Z. S. (2020). Analisis Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di Kecamatan Pantai. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 28. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.432

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Septikasari, Z., & Ayriza, Y. (2018). Strategi Integrasi Pendidikan Kebencanaan Dalam Optimalisasi Ketahanan Masyarakat Menghadapi Bencana Erupsi Gunung Merapi. Jurnal Ketahanan Nasional, 24(1), 47. https://doi.org/10.22146/jkn.33142

Subarto, S. (2017). Momentum Keluarga Mengembangkan Kemampuan Belajar Peserta Didik Di Tengah Wabah Pandemi Covid-19. Adalah: Buletin Hukum Dan Keadilan, 4(1). https://doi.org/10.15408/adalah.v4i1.15383

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Downloads

Published

2021-07-09

How to Cite

Darmawan, I. P. A., Nalle, P. A., Magdalena, M., Marderina, M., & Julita, Y. (2021). Upaya Sekolah dan Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(2), 175–185. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i2.1254

Issue

Section

Artikel