IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DAN TEMATIK INTEGRATIF DI SDN SE-KOTA BANJARMASIN

Hamsi Mansur, Mastur Mastur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (a) perencanaan pembelajaran, (b) pelaksanaan pembelajaran, (c) pelaksanaan penilaian, dan (d) faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pembelajaran dalam rangka mengimplemintasikan Kurikulum 2013 di SDN Se-Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah personel yang berkaitan dengan implementasi Kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pembelajaran di SDN Se-Kota Banjarmasin yang terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum, Guru, dan Siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan 3 temuan. Pertama, perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menerjemahkan ide dan konsep Kurikulum 2013 terlebih dahulu, kemudian disusunlah RPP  yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada standar isi dan silabus. Kedua, pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan ilmiah (saintifik).. Ketiga, penilaian hasil belajar oleh guru dilakukan dengan menggunakan tes dan non-tes dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan kinerja, dan pengukuran sikap.

Kata-kata kunci: Implementasi Kurikulum 2013, Pelaksanaan Pembelajaran


References


Abidin, Y. (2013). Desain sistem pembelajaran dalam konteks Kurikulum 2013. Bandung: Rafika Aditama.

Fadlillah, M. (2014). Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran SD/MI, SMP/MTs,& SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Keyes, G. (2010). Teaching the scientific method in the social sciences. Journal of Effective Teaching, 2, 220-232.

Nasution, S. (2003). Asas-asas kuriklum. Jakarta. Bumi Aksara.

Sukmadinata, N.S. (2012). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Hamsi Mansur, Mastur Mastur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


42%
1-2 Weeks2-8 Weeks4-16 Weeks
Acceptance RateSubmission to 1st DecisionPeer-review Process
Submission to Accepted

Jurnal Komunikasi Pendidikan

P-ISSN: 2549-1725 | E-ISSN: 2549-4163
Publisher: Universitas Veteran Bangun Nusantara
Address: Jl. Letjend. S. Humardani No. 1 Sukoharjo, Central Java, Indonesia

Creative Commons License

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik

View My Stats