Analisis Motivasi Belajar Matematika Secara Daring Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Polokarto

Authors

  • Sri Mulyaningsih Pendidikan Matematika - Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Desi Arum Pramita Pendidikan Matematika - Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Suryo Krisworo Pendidikan Matematika - Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Afif Afghohani Pendidikan Matematika - Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/absis.v3i2.1077

Keywords:

Learning Motivation, Online Learning, Mathematics Learning

Abstract

The objective of this study is to analyze the motivation to learn mathematics online on class XI SMA Negeri 1 Polokarto. The method is descriptive qualitative research. The subject is class XI SMA Negeri 1 Polokarto. The data collection technique is  questionnaire about online mathematics learning motivation. 

The results of the analysis in this study indicate that students are mostly motivated by learning mathematics online. This can be seen from the objective indicator of intrinsic orientation which has a percentage of 90.93% and the goal of extrinsic orientation which has a percentage of 73.14%.

Author Biographies

Sri Mulyaningsih, Pendidikan Matematika - Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Mahasiswa Pendidikan Matematika - Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Desi Arum Pramita, Pendidikan Matematika - Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Mahasiswa Pendidikan Matematika - Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Suryo Krisworo, Pendidikan Matematika - Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Mahasiswa Pendidikan Matematika - Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Afif Afghohani, Pendidikan Matematika - Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Magister Komunikasi - Dosen Pendidikan Matematika - Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

References

Adiatman. 2018. “Efektifitas Penerapan Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa.” Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar.

Andriani, Denny, Krisdianto Hadi Prasetyo, and Erika Laras Astutiningtyas. 2021. “Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Mata Pelajaran Matematika.” Absis: Mathematics Education Journal 2 (1): 24. https://doi.org/10.32585/absis.v2i1.830.

Budiawan, Made, and Ni Luh Kadek Alit Arsani. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Fisiologi Olahraga.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2 (1): 138–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i1.1410.

Cleopatra, Maria. 2015. “Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 5 (2): 168–81. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.336.

Dewi, Erika Untari. 2020. “Pengaruh Kecemasan Saat Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Stikes William Surabaya.” Jurnal Keperawatan 9 (1): 18–23. https://doi.org/10.47560/kep.v9i1.210.

Exacta, Annisa Prima, Krisdianto Hadi Prasetyo, Afif Afghohani and Erika Laras Astutiningtyas. 2021. " Analisis Kemampuan Problem Solving Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Kompleks Ditinjau Dari Kemampuan Awal." JEID: Journal of Educational Integration and Development 1 (2): 80-87

Fadilah, Sarifah, Herry Agus Susanto, and Andhika Ayu Wulandari. 2021. “Implementasi Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMA Veteran 1 Sukoharjo.” Journal of Mathematics Education and Learning 1 (3): 218. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i3.26774.

Hasibuan, Eka Khairani. 2018. “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung.” AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika 7 (1): 18–30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766.

Kristanti, Fauziyyah, Monica Dewi, and Heni Pujiastuti. 2020. “Pengaruh Tingkat Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa: Studi Kasus Pada Siswa SMPN 2 Balaraja.” Suska Journal of Mathematics Education 6 (2): 145–52. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9440.

Marfu’ah, Solikhatun. 2020. “Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran MAtematika Secara Online Di SMP Negeri 1 Cilongok.” IAIN Purwokerto. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/8900/.

Nurani, Sunarto, and Dewi Kusuma Wardani. 2018. “Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 8 Surakarta.” BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi 4 (1): 1–13.

Nuraini, Afif Afghohani, & Annisa Prima Exacta. 2020. " Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Selama Pandemi COVID-19 Sebagai Sarana Diskusi pada Mahasiswa Pendidikan Matematika." Jurnal Pendidikan, Sains Sosial dan Agama 6 (2): 13-18. https://doi.org/10.53565/pssa.v6i2.215

Perdana, Ryzal, Meidawati Suswandari. 2021. "Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar." 2021. Absis: Mathematics Education Journal 3 (1): 9-15. https://doi.org/10.32585/absis.v2i1.830.

Puspaningtyas, Nicky Dwi. 2019. “Berpikir Lateral Siswa SD Dalam Pembelajaran Matematika.” Mathema Journal 1 (1): 24–30.

Puspaningtyas, Nuha, Krisdianto Hadi Prasetyo, and Isna Farahsanti. 2020. "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing dengan Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi. " Absis: Mathematics Education Journal 2 (1): 24. https://doi.org/10.32585/absis.v2i1.830.

Rumasoreng, M. I., & Sugiman, S. (2014). Analisis Kesulitan Matematika Siswa Sma/Ma Dalam Menyelesaikan Soal Setara Un Di Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 22. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.26

Sari, Nurmalita, Widha Sunarno, and Sarwanto. 2018. “Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 3 (1): 17–32.

Tsay, Mina, and Miranda Brady. 2010. “A Case Study of Cooperative Learning and Communication Pedagogy: Does Working in Teams Make a Difference?” Journal of the Scholarship of Teaching & Learning 10 (2): 78–89. http://proxy-remote.galib.uga.edu/login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=ehh&AN=52225427&site=eds-live.

Ulfa, Marchamah. 2019. “Strategi Preview , Question , Read , Reflect , Recite , Review (PQ4R) Pada Pemahaman Konsep Matematika.” Mathema Journal 1 (1): 48–55.

Utami, Yuliza Putri, and Derius Alan Dheri Cahyono. 2020. “Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 1 (1): 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252.

Downloads

Published

2021-12-28

How to Cite

Mulyaningsih, S., Pramita, D. A., Krisworo, S., & Afghohani, A. (2021). Analisis Motivasi Belajar Matematika Secara Daring Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Polokarto. Absis: Mathematics Education Journal, 3(2), 83–91. https://doi.org/10.32585/absis.v3i2.1077