Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Ceramah dan Konsep Diri (KD) Terhadap Nilai Aljabar Linear Mahasiswa

Authors

  • Ratna Puspita Indah Universitas Duta Bangsa
  • Anisatul Farida Universitas Duta Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.32585/absis.v4i1.2369

Keywords:

Problem Solving, Self Concept Scores

Abstract

One indicator of the success of a lesson is the achievement of high scores according to problem-solving abilities. This study aims to determine the interaction between the learning model and the level of student self-concept to determine a more effective learning model. This study uses a quantitative approach and analyzes the results with hypothesis testing. From the results of the test analysis, obtained the F value of 132.567 and Sig. 0.000, so there is a difference in Linear Algebra Values in the PBL Model and the Lecture Model. For the KD variable, the F value is 3.779 and the sig. 0.060, meaning that there is also a difference in Linear Algebra scores for students with high KD and low KD.

References

Creswell, John W, and J David Creswell. 2017. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage publications.

Djonomiarjo, Triono. 2020. “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 5 (1): 39–46.

Ekanara, Bambang, Yusuf Hilmi Adisendjaja, and Yanti Hamdiyati. 2018. “Hubungan Kemampuan Penalaran dengan Keterampilan Argumentasi Siswa pada Konsep Sistem Pencernaan Melalui PBL (Problem Based Learning).” Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya 13 (2).

Farida, Anisatul, and Siti Suprihatiningsih. 2022. “Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Kuliah Metode Numerik.” Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah 20 (1): 1–7.

Hadiansah, Dede. 2019. “Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI. Vol. 2.

Hermawan, Iwan. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed Method). Hidayatul Quran.

Indriani, Safitri. 2021. “Hubungan Konsep Diri dan Dukungan Keluarga dengan Orientasi Masa Depan pada Mahasiswa.” UIN Raden Intan Lampung.

Janna, Nilda Miftahul. 2020. “Variabel dan Skala Pengukuran Statistik.”

Nadzirah, Nadzirah. 2021. “Konsep Diri Remaja dari Keluarga Broken Home di Desa Tubo Tengah Kecamatan Tubo Sendana Kabupaten Majene.” IAIN Parepare.

Nafiah, Yunin Nurun, and Wardan Suyanto. 2014. “Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Vokasi 4 (1).

Nanda, Selvia. 2021. “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) dipadu Teknik Mind Mapping terhadap Kemampuan Metakognisi dan Konsep Diri Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Blambangan Umpu.” UIN Raden Intan Lampung.

Nusa, Jeilen G N. 2021. “Efektivitas Model Project Based Learning pada Mata Kuliah Vulkanologi terhadap Hasil Belajar Mahasiswa.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 7 (2).

Rinaldi, Achi, S Pd Novalia, and Muhamad Syazali. 2021. Statistika Inferensial Untuk Ilmu Sosial Dan Pendidikan. PT Penerbit IPB Press.

Rohmat, Aziz Nur, and Witri Lestari. 2019. “Pengaruh Konsep Diri Dan Percaya Diri Terhadap Kemampuan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.” JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 5 (1): 73–84.

Saputra, Rio Arda, Ahmad Hariyadi, and Sarjono Sarjono. 2021. “Pengaruh Konsep Diri Dan Reward Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewirausahaan.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7 (3): 1046–53.

Setiawan, Kukuh. 2019. “Buku Ajar Metodologi Penelitian (Anova Satu Arah).” Universitas Lampung.

Suhartanto, Edi, and Badrus Badrus. 2018. “Pengaruh Konsep Diri, Motivasi, Kenakalan Remaja, terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Iskam Siswa Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Kelas XII Di SMK Negeri 1 Grogol Kab. Kediri.” Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 8 (1): 57–68.

Suryatno, Suryatno. 2018. “Hubungan antara Konsep Diri dan Pemahaman Pendidikan Agama Islam dengan Motivasi Berjilbab pada Siswi Kelas XI SMAN 4 Kabupaten Pandeglang.” Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

Sutrisno, Sutrisno, and Dewi Wulandari. 2018. “Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) Untuk Memperkaya Hasil Penelitian Pendidikan.” AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 9 (1): 37–53.

Tae, Lidwina Felisima, Zulmi Ramdani, and Galih Albarra Shidiq. 2019. “Analisis Tematik Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Siswa Dalam Pembelajaran Sains.” Indonesian Journal of Educational Assessment 2 (1): 79–101.

Wulansari, Bety, Nur Rokhimah Hanik, and Anwari Adi Nugroho. 2019. “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Disertai Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tawangsari.” Journal of Biology Learning 1 (1).

Downloads

Published

2022-06-05

How to Cite

Indah, R. P., & Farida, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Ceramah dan Konsep Diri (KD) Terhadap Nilai Aljabar Linear Mahasiswa. Absis: Mathematics Education Journal, 4(1), 19–26. https://doi.org/10.32585/absis.v4i1.2369

Issue

Section

Artikel