UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI KEGIATAN BUZZ GROUP DISCUSSION
DOI:
https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v4i1.1237Abstract
Dari hasil pantauan peneliti selaku Kepala Sekolah, selama ini para guru di SD Negeri 2 Karangduren Kecamatan Pakisaji masih jarang memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Hasil kegiatan prasiklus menunjukkan bahwa semua guru belum memaksimalkan penggunaan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini untuk memberikan penjelasan tentang pelaksanaan kegiatan buzz group discussion dan meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SD Negeri 2 Karangduren Kecamaan Pakisaji. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru kelas sejumlah 6 orang guru di SD Negeri 2 Karangduren Kecamatan Pakisaji. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi diskusi, penilaian skenario pembelajaran dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Hasil observasi pada kegiatan diskusi terdapat peningkatan sebesar 65,17 menjadi 79,50 pada siklus I dan 88,50 pada siklus terakhir. Pada penilaian skenario pembelajaran terdapat peningkatan sebesar 62,50 menjadi 80,00 pada siklus I dan 88,33 pada siklus terakhir. Pada penilaian pelaksanaan pembelajaran peningkatan sebesar 60,50 menjadi 80,00 pada siklus I dan 87,22 pada siklus terakhir. Berdasarkan hasil observasi dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan pembinaan dengan metode bimbingan diskusi kelompok kecil atau (buzz group discusion) terbukti mampu meningkatkan kemampuan guru-guru di SD Negeri 2 Karangduren dalam menggunakan dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar peserta didiknya.
Kata Kunci: sumber belajar, buzz groud discussion
Downloads
References
Akbar, Setiady P., Usman H., 1995, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta : Penerbit PT. Bumi Aksara
Amir Hamzah Suleiman. 1981. Media Audio Visual untuk Pengajaran, Penerangan, dan Penyuluhan. Jakarta : PT. Gramedia
Arikunto. S. 1982. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta'. Bina. Aksara..
As’ari, Abdurrahman. 2003. Pembelajar Matematika Dengan Kooperatif Learning. Malang
Badru Zaman, dkk. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Buku Materi Pokok PGTK 2304. Modul 1-9. Jakarta Universiats Terbuka.
Moleong, Lexy J. 2008 Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya
Callahan, Joseph F. & Clark, Leonard H. 1982. Teaching in the Middle and
Secondary Schools. New York: Macmilland Publishing Co. Inc.
Conny Semiawan dkk. 1989 Pendekatan Keterampilan Proses, Penerbit PT. Gramedia, Jakarta
Danim, Sudarwan, 1994, Tranformasi Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.
Dewa Ketut Sukardi dan Desak Nila Kusmawati. 2008. Proses Bimbingan dan
Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri, 1994, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Usaha Nasional, Surabaya.
Eko Hari Sutopo 2009.. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.
Gulley, Halbert E. 1960. Discussion, Conference, and Group Process.
University of Illionis.
Hamzah B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang
Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara
Imron, Ali, 1995, Pembinaan Guru di Indonesia, Pustaka Jaya, Jakarta.
J. Moleong, Lexy. 1989.Metodologi Penelitian. Kualitatif. Bandung: Remadja Karya
Kamil Pasya Gurniwan, 2010.Kapita Selekta Sosiologi dan Antropologi, Buana Nusa, Bandung
Nasution, S.. 1996. Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung : Tarsito.
Pratita Ruwahidha Nur Ichsan. 2010.Peningkatan Motivasi Karir Melalui Teknik
Diskusi Kelompok Kecil Buzz Group Discussion Pada Siswa SMK
Muhammadiyah 1 Tempel. Skripsi. FIP-UNY.
Roestiyah, NK, 1986, Masalah-masalah Ilmu Keguruan, Bina Aksara, Jakarta.
Rusyan Tabrani. 2001. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung Remaja Rosdakarya.
Samana, A. 1994. Profesionalisme Keguruan, Kanisius, Yogyakarta.
Sardiman, AM, 1986, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, CV. Rajawali, Jakarta.
Soetjipto. 1999. Profesi Keguruan, Jakarta:Rineka Cipta.
Sudjana, Nana, 1989, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru Algensindo, Bandung.
Sudjana. 2005. Metode statistika. Tarsito. Bandung.
Sugihartono dkk. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Tohirin, 2007. Bimbingan dan Konseling Di Sekolah : PT Grafindo Persada. Jakarta.
Wijaya, H. ES dan Tabrani Rusyan, 1992, Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Nine Karya Jaya, Bandung.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Dikdas Bantara if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Dikdas Bantara. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Dikdas Bantara. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Dikdas Bantara copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Dikdas Bantara endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.