HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Silvester Silvester Institut Shanti Bhuana

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v4i2.1528

Keywords:

Motivasi Berprestasi, Konsep Diri, Hasil Belajar Matematika.

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika, 2) hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar matematika, 3) hubungan antara motivasi berprestasi dan konsep diri dengan hasil belajar matematika secara simultan. , 4) Sumbangan gabungan motivasi berprestasi dan konsep diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 06 Semade. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 06 Semade Kecamatan Banyuke Hulu Kabupaten Landak. Subjek dalam penelitian ini adalah 21 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi (X1) dan hasil belajar matematika (Y) serta hubungan konsep diri (X2) dengan hasil belajar matematika (Y), uji korelasi ganda (multiple Correlation) untuk menentukan hubungan. antara motivasi berprestasi dan konsep diri dengan hasil belajar matematika serta uji koefisien determinasi untuk mengetahui besarnya sumbangan motivasi berprestasi dan konsep diri terhadap hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara: 1) motivasi berprestasi dan hasil belajar matematika sebesar 0,757, 2) konsep diri dengan hasil belajar 0,627, 3) motivasi berprestasi dan konsep diri dengan hasil belajar 0,642 4) sumbangan gabungan motivasi berprestasi dan konsep diri dengan hasil belajar matematika 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Susanto. 2015.Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.

Cahirati, P. E. P., Makur, A. P., & Fedi, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika yang Menggunakan Pendekatan PMRI. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 227-238.

Dwi Afni Oktavia, I. R. A. N. D. A., & Dibyo Wiyono, B. A. M. B. A. N. G. (2020). Hubungan Motivasi Berprestasi dan Self-Efficacy Akademik dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 33 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 11(4).

Dayang, M. (2016). Analisis Konsep Diri Pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Silat Hilir (Doctoral dissertation, IKIP PGRI Pontianak).

Djaali. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Handayani, D. (2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Konsep Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1).

Reski, N., Taufik, T., & Ifdil, I. (2017). Konsep diri dan kedisiplinan belajar siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 85-91.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, Ngalim. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Reski, N., Taufik, T., & Ifdil, I. (2017). Konsep diri dan kedisiplinan belajar siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 85-91.

Risna, R., Hasan, M., & Supriatno, S. (2019). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berorientasi Green Chemistry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 3(2), 106-118.

Rantheza Fadhila, N. I. D. A., & Indah Pratiwi, T. I. T. I. N. (2020). Hubungan Self Efficacy dan Konsep Diri dengan Kecemasan Sosial Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 59 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 11(3).

Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan berpikir kritis dan konsep diri dengan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287-298.

Rusiana, D., Uchtiawati, S., & Fauziyah, N. (2018). Kemampuan Koneksi Matematika Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Lingkaran Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Kebomas. Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 24(2), 139-149.

Rohwi, Y. O., & Soleh, D. A. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Kemampuan Representasi Matematis pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Di Kelurahan Kalisari Pasar Rebo Jakarta Timur. Dinamika Matematika Sekolah Dasar, 1(1), 1-16.

Rusianingsih, C. Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat, dan Sikap terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).

Sanderayanti, D. (2015). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SDN Kota Depok. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 222-231.

Silvester, S., Aunurrahman, A., & Marli, S. Hubungan Antara Motivasi Berprestasi, Minat Belajar dan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar Kabupaten Landak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(4).

Susanto, Ahmad. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenadamedia Group. Jakarta.

Sundayana, R. (2019). Perbandingan Desain Pembelajaran ASSURE dan PPSI untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 143-154.

Downloads

Published

2021-08-30

Issue

Section

Artikel