PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DALAM MATERI PERKALIAN SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI SUGIHAN 01

Authors

  • para mitta purbosari universitas veteran bangun nusantara sukoharjo
  • sumiyem sumiyem
  • rochmad aji prabowo
  • apriana dewanty universitas veteran bangun nusantara sukoharjo
  • untsa royani universitas veteran bangun nusantara sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v5i1.2128

Abstract

 

Dalam dunia pendidikan terdapat beberapa mata pelajaran utama salah satunya yaitu matematika., dalam mata pelajaran tersebut siswa harus memiliki empat keterampialan salah satunya keterampilan perkalian. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman konsep matematika dalam materi perkalian, mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam memahami konsep matematika dalam materi perkalian, mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam memahami materi perkalian. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Sugihan 01 yang berjumlah 15 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan tes, observasi serta wawancara. Teknik analisis data penelitian ini yaitu analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 10 siswa dari 15 siswa yang belum memahami konsep matematika dalam perkalian; Kesulitan yang dialami siswa untuk memahami konsep matematika dalam materi perkalian adalah menyelesaikan soal perkalian dalam konversi bentuk penjumlahan berulang,tidak memahami soal cerita; Faktor yang mempengaruhi kesulitan yang dialami siswa antara lain karena belum memahami konsep materi perkalian dan hanya menggunakan metode hafalan dalam belajar materi perkalian.

Kata kunci : Pemahaman Konsep, Perkalian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hardiyanti. 2017. Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Keterampilan Berhitung Siswa Pada Materi Perkalian. Jurnal Pena Ilmiah. (Vol 2, No 1). Sumedang : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Sumedang.

Hermahnita. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Dakon Bilangan Di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. (Vol 3, No 8).Pontianak : Universitas Tanjungpura.

Hidayati, H.N. 2019. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Pada Operasi Hitung Perkalian di Kelas III SDN Polehan 5 Malang. Skripsi. Malang : Universitas Negeri Malang.

Muhajir, T. 2017. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Materi Bilangan Bulat Di Kelas VII SMP Negeri 1 Darussalam. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syaiah Indonesia.

Nanga, M.Y. 2020. Analisis Lintasan Belajar Dan Pemahaman Konsep Perkalian Dan Pembagian Untuk Siswa Kelas II SDK Regina Pacis Bagawa Setelah Mengikuti Pembelajaran Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik.. Tesis. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma

N. C. Yanala, H. B. Uno, dan A. Kaluku. 2021. Analisis Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Operasi Bilangan Bulat di SMP Negeri 4 Gorontalo. Jambura Journal of Mathematics Education. (Vol 2, No 2). Gorontalo : Universitas Negeri Gorontalo.

Purwaningsih, K. 2017. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Materi Segiempat Ditinjau dari Tipe Kepribadian Peserta Didik. Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Rismawatii, M. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa PGSD STKIP Persada Khalutistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. (Vol 4, No.1). Kalimantan Barat : STKIP Sintang.

Downloads

Published

2022-03-02

Issue

Section

Artikel