PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DALAM MATERI PERKALIAN SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI SUGIHAN 01
DOI:
https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v5i1.2128Abstrak
Dalam dunia pendidikan terdapat beberapa mata pelajaran utama salah satunya yaitu matematika., dalam mata pelajaran tersebut siswa harus memiliki empat keterampialan salah satunya keterampilan perkalian. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman konsep matematika dalam materi perkalian, mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam memahami konsep matematika dalam materi perkalian, mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam memahami materi perkalian. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Sugihan 01 yang berjumlah 15 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan tes, observasi serta wawancara. Teknik analisis data penelitian ini yaitu analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 10 siswa dari 15 siswa yang belum memahami konsep matematika dalam perkalian; Kesulitan yang dialami siswa untuk memahami konsep matematika dalam materi perkalian adalah menyelesaikan soal perkalian dalam konversi bentuk penjumlahan berulang,tidak memahami soal cerita; Faktor yang mempengaruhi kesulitan yang dialami siswa antara lain karena belum memahami konsep materi perkalian dan hanya menggunakan metode hafalan dalam belajar materi perkalian.
Kata kunci : Pemahaman Konsep, Perkalian
Unduhan
Referensi
Hardiyanti. 2017. Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Keterampilan Berhitung Siswa Pada Materi Perkalian. Jurnal Pena Ilmiah. (Vol 2, No 1). Sumedang : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Sumedang.
Hermahnita. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Dakon Bilangan Di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. (Vol 3, No 8).Pontianak : Universitas Tanjungpura.
Hidayati, H.N. 2019. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Pada Operasi Hitung Perkalian di Kelas III SDN Polehan 5 Malang. Skripsi. Malang : Universitas Negeri Malang.
Muhajir, T. 2017. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Materi Bilangan Bulat Di Kelas VII SMP Negeri 1 Darussalam. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syaiah Indonesia.
Nanga, M.Y. 2020. Analisis Lintasan Belajar Dan Pemahaman Konsep Perkalian Dan Pembagian Untuk Siswa Kelas II SDK Regina Pacis Bagawa Setelah Mengikuti Pembelajaran Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik.. Tesis. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma
N. C. Yanala, H. B. Uno, dan A. Kaluku. 2021. Analisis Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Operasi Bilangan Bulat di SMP Negeri 4 Gorontalo. Jambura Journal of Mathematics Education. (Vol 2, No 2). Gorontalo : Universitas Negeri Gorontalo.
Purwaningsih, K. 2017. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Materi Segiempat Ditinjau dari Tipe Kepribadian Peserta Didik. Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Rismawatii, M. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa PGSD STKIP Persada Khalutistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. (Vol 4, No.1). Kalimantan Barat : STKIP Sintang.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
The copyright to this article is transferred to Jurnal DIKDAS BANTARA if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above mentioned paper in whole to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Komunikasi Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Komunikasi Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.