Pengaruh Model Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Min 17 Aceh Barat

Authors

  • Shafira Eka Sukma STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
  • TB. Endayani STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
  • Fransisca Tassia STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v5i2.2482

Keywords:

Pengaruh, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Bahasa Indonesia, STAD

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang dialami oleh siswa dimana pembelajaran yang hanya berpedoman pada penjelasan guru dan masih bersifat konvensional sehingga pembelajaran menjadi pasif dan kurang aktif, hal tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada pembelajaran Bahasa Indonesia. (2) Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV MIN 17 Aceh Barat dengan memakai model pembelajaran Student Team Achievement Division  (STAD). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV MIN 17 Aceh Barat. Adapun objek dalam penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran student team achievement division (STAD) pada pembelajaran Bahasa Indonesia, hasil belajar termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) 65,375 masuk dalam interval 64-70, artinya cukup memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan nilai rata-rata (mean) 77,13 masuk dalam interval 73-86 dari hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yang meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto, & Rahardjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Lestari, I. D. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar SKI Peserta Didik Kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. Tulungagung: IAIN Tulungangung.

Masrukhin. (2008). Statistik Inferensial: Aplikasi Program SPSS. Kudus: Media Ilmu Press.

Masrukhin. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Kudus: Media Ilmu Press.

Mufarrokah, A. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras.

Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prasetyo, D. A., Perangin-angin, R. B., & Saragi, D. (2020). The Influence of Learning Strategies and Social Interactions on the Learning Outcomes PKn of Grade V Students at SD Negeri 014711 Sipare-Pare In Batubara District. Jurnal Ilmiah Teunuleh, 1(2), 192-201. doi:10.51612/teunuleh.v1i2.32

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatama Publishing.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajawali Grafindo Persada.

Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudarmanto, R. G. (2005). Analisis Regresi Linier Ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. (Sunarni, Ed.) Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Downloads

Published

2022-06-10

Issue

Section

Artikel