Pengaruh Model Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Min 17 Aceh Barat
DOI:
https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v5i2.2482Kata Kunci:
Pengaruh, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Bahasa Indonesia, STADAbstrak
Permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang dialami oleh siswa dimana pembelajaran yang hanya berpedoman pada penjelasan guru dan masih bersifat konvensional sehingga pembelajaran menjadi pasif dan kurang aktif, hal tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada pembelajaran Bahasa Indonesia. (2) Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV MIN 17 Aceh Barat dengan memakai model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV MIN 17 Aceh Barat. Adapun objek dalam penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran student team achievement division (STAD) pada pembelajaran Bahasa Indonesia, hasil belajar termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) 65,375 masuk dalam interval 64-70, artinya cukup memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan nilai rata-rata (mean) 77,13 masuk dalam interval 73-86 dari hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yang meningkat.
Unduhan
Referensi
Daryanto, & Rahardjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Lestari, I. D. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar SKI Peserta Didik Kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. Tulungagung: IAIN Tulungangung.
Masrukhin. (2008). Statistik Inferensial: Aplikasi Program SPSS. Kudus: Media Ilmu Press.
Masrukhin. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Kudus: Media Ilmu Press.
Mufarrokah, A. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras.
Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prasetyo, D. A., Perangin-angin, R. B., & Saragi, D. (2020). The Influence of Learning Strategies and Social Interactions on the Learning Outcomes PKn of Grade V Students at SD Negeri 014711 Sipare-Pare In Batubara District. Jurnal Ilmiah Teunuleh, 1(2), 192-201. doi:10.51612/teunuleh.v1i2.32
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatama Publishing.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajawali Grafindo Persada.
Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sudarmanto, R. G. (2005). Analisis Regresi Linier Ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. (Sunarni, Ed.) Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
The copyright to this article is transferred to Jurnal DIKDAS BANTARA if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above mentioned paper in whole to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Komunikasi Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Komunikasi Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.