MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Authors

  • Ramadhan Indra Setyawan
  • Agus Purwanto
  • nurratri kurnia sari

DOI:

https://doi.org/10.32585/jdb.v2i2.372

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan hasil belajar tematik melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) pada siswa kelas IV SD Negeri Sugihan 03 Sukoharjo tahun pelajaran 2018/2019.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menerapkan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning). Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV semester II SD Negeri Sugihan 03 Sukoharjo tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Setiap siswa dikatakan tuntas belajarnya (ketuntasan individu) jika proporsi jawaban benar siswa ? 65%, dan suatu kelas dikatakan tuntas belajarnya (ketuntasan klasikal) jika dalam kelas tersebutterdapat ? 85% siswa yang telah tuntas belajarnya.Hasil penelitian menunjukkan (1) persentase ketuntasan hasil belajar tematik siswa kelas IV yang semula pada prasiklus adalah 25% yang mencapai KKM kemudian pada siklus I meningkat menjadi 60%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 75% dan pada siklus IIImencapai 95% sehingga penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dinyatakan berhasil dan sudah teruji.Kata Kunci : Hasil belajar tematik, model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Munib, dkk. 2012. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang :UNNES Pres Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses BelajarMengajar. Bandung:SinarBaruAlgensido OffsetAl-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.Anton, M, Mulyono. 2001. Aktivitas Belajar. Bandung. YramaDimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka CiptaJihad Asep & Abdul haris.2012.Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta:Multi PresindoSugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, SurabayaW.S. Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia

Published

2019-10-03

Issue

Section

Artikel