PENGARUHCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGTERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Authors

  • Asri Novitasari
  • Karma Iswasta Eka
  • Dhi Bramasta

DOI:

https://doi.org/10.32585/jdb.v2i2.373

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)terhadap motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV tema 8 daerah tempat tinggalku di SDN 2 Klapasawit. Metode penelitian menggunakan Quasy Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent (pretest-posttest) Control Group Design.Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Klapasawit berjumlah 47 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling.Uji hipotesis menggunakan uji-t independent dengan syarat uji normalitas dan homogenitas. Data hasil motivasi dan keterampilan berpikir kritis dianalisis menggunakan uji prasyarat uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil hipotesis motivasi belajar manual menunjukkan ?????????????????????????>????????????????????????atau 3,747 > 2,013 dan hasil SPSS menunjukkan Sig. < 0,05 atau 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar siswa kelas IV tema 8 daerah tempat tinggalku di SDN 2 Klapasawit. Hasil hipotesis keterampilan berpikir kritis manual menunjukkan ?????????????????????????> ????????????????????????atau 4,093 > 2,000 dan hasil SPSS menunjukkan Sig. < 0,05 atau 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV tema 8 daerah tempat tinggalku di SDN 2 Klapasawit.Kata kunci: PendekatanContextual Teaching and Learning (CTL), Motivasi Belajar,

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S.(2013).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta:Rineka Cipta.Komariah, R.S., H. Subarjah., A. Sujana.(2016).Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Energi Panas.Jurnal Pena Ilmiah Vol.1 No.1:621-630 [Online] Tersedia http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/download/2993/pdf(Diakses pada 3 Januari 2019).Johnson, E.B.2011.CTL-Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna.Bandung:Kaifa.Suprijono.(2015).Cooperative Learning Teori Aplikasi & Pakem.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.Uno, H.B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.Riduwan.(2013).Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula.Bandung:Alfabeta.Sugiyono.(2015).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung:Alfabeta.Susanto, A.(2013).Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta:Prenadamedia Group.

Published

2019-10-03

Issue

Section

Artikel