Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tema Indahnya Kebersamaan

Authors

  • efan khoirul ammar

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v3i2.882

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan muatan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam buku siswa kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Penelitian ini termasuk penelitian deskripstif kualitatif dan merupakan jenis penelitian studi pustaka. Data dalam penelitian ini merupakan pernyataan-pernyataan yang mengandung nilai-nilai karakter. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik baca, teknik simak dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis teks dan bahasa dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Berdasarkan hasil analisis, dari 18 nilai-nilai karakter yang dicanangkan oleh Kemendiknas, ditemukan 17 nilai karakter dalam buku tematik kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan yaitu: (1) religius, (2) jujur, (3) toleransi, (4) kerja keras, (5) kreatif, (6) mandiri (7) demokratis, (8) semangat kebangsaan, (9) rasa ingin tahu, (10) cinta tanah air, (11) menghargai prestasi, (12) komunikatif, (13) cinta damai,(14) Gemar Membaca, (15) peduli lingkungan, (16) peduli sosial, dan (17) tanggung jawab. Hal ini berarti terdapat satu nilai karakter yang belum ditemukan yaitu nilai karakter disiplin.

 

Kata Kunci: Nilai-Nilai Karakter, buku siswa, Indahna Kebersamaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Peningkatan Pembelajaran. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Group.

Daryanto dan Darmiatun, Suryatri. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Hidayatulloh, F. 2010. Pendidikan Karater, Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta:Yuma Pustaka.

Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64 Tahun 2013, tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013, tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SD/MI.

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

______. 2014.Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslich, M. 2010. Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Naim, N. 2012. Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Rachmah, Huriah. 2013. Nilai-Nilai Dalam Pendidikan Karakter Bangsa Yang Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Cimahi: Jurnal. Vol. 1, No. 1: 11-13.

Ridwan, Mudiono. 2017. Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tema Indahnya Kebersamaan. Jurnal Pendidikan 3(1), 1-7.

Salahudin, Anas. 2013. Pendidikan Karakter. 076-366-1. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Utami, Ratnasari Diah. 2015. Membangun Karakter Siswa Pendidikan Dasar Muhammadiyah Melalui Identifikasi Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar (JPPD). Vol.2, No. 1, Juli 2015.

Zubaedi.2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenada Media Group.

Published

2020-09-24

Issue

Section

Artikel