PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA DAN KESENIAN (SBK) MELALUI METODE ASISTENSI

Penulis

  • Hasto Mulyoko SMP Negeri 2 Nguter, Kabupaten Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v4i1.1233

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar SBK  materi Memainkan Asambel Musik  Tradisional Nusantara melalui metode asistensi pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Nguter tahun pelajaran 2016/ 2017. Penlitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada kelas VIII C sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi,  wawancara, dan observasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Indikator  keberhasilan pelaksanaan PTK ini adalah meningkatnya hasil belajar SBK siswa yang ditunjukkan dengan meningkatnya persentase ketuntasan siswa minimal 85% dan meningkatnya nilai rata-rata kelas, minimal menjadi 70,00. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa “Metode asistensi dapat meningkatkan hasil belajar SBK materi Memainkan Asambel Musik  Tradisional Nusantara pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Nguter tahun pelajaran 2016/ 2017”.

Kata Kunci: hasil belajar SBK, asistensi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Moleong. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung :PT Remaja Rosdakarya.

Poerwadarminto. 2005. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rooijakkers, Ad. 1993. Mengajar Dengan Sukses. Jakarta: PT. Grasindo.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyanto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta :Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.

Unduhan

File Tambahan

Diterbitkan

2021-02-28

Terbitan

Bagian

Artikel