Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Grafis dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV

Penulis

  • Dwi Anggraeni Siwi
  • moefty mahendra

DOI:

https://doi.org/10.32585/jdb.v1i2.142

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan penggunaan media pembelajaran grafis dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Tengklik Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan korelasi yaitu menghubungkan antara variabel penggunaan media pembelajaran grafis dan variabel hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Tengklik Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 24 siswa dan semua dijadikan sample penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik dengan korelasi product moment. Hasil analisis data diperoleh nilai sebesar 0,708 hasil tersebut lebih besar dari pada N=24 taraf signifikansi 5% adalah 0,404 dan 1% yaitu 0,515 atau 0,708 > 0,404 > 0,515. Maka hipotesis nol (Ho) ditolak sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran grafis dengan hasil belajar matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Tengklik Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018.

 

Kata Kunci : media pembelajaran grafis, hasil belajar, matematika

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2018-09-06

Terbitan

Bagian

Artikel