PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL KARANGAN DESKRIPSI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CTL BERMUATAN KARAKTER

Penulis

  • Khosyiatun Khosyiatun

DOI:

https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.180

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan peningkatan motivasi, hasil belajar dan perubahan nilai-nilai karakter dalam menulis karangan deskripsi pada peserta didik Kelas IV SD Negeri Sukoharjo 04 semester II tahun pelajaran 2016/2017 setelah penerapan strategi pembelajaran CTL bermuatan karakter. Penelitian dilaksanakan selama 6 bulan yaitu bulan Januari 2017 sampai dengan bulan Juni 2017. Subjek dalam penelitian adalah motivasi dan hasil belajar menulis karangan deskripsi peserta didik Kelas IV SD Negeri Sukoharjo 04 yang terdiri atas 21 peserta didik yaitu 6 laki-laki dan 15 perempuan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian melalui strategi pembelajaran CTL bermuatan karakter dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dari kondisi awal ke siklus II dari kategori rendah menjadi tinggi. terdapat peningkatan nilai rata-rata motivasi belajar sebanyak 37, ada perubahan perilaku peserta didik dari kondisi awal ke siklus II terjadi perubahan dari rata-rata nilai 1,52 kategori belum terlihat berubah menjadi nilai rata-ratanya 3,46 dalam kategori mulai berkembang terjadi perubahan 1,94 dan ada peningkatan nilai ketuntasan peserta didik dari 4 peserta didik (19%) meningkat menjadi 21 peserta didik (100%) bertambah 17 peserta didik (81%). Nilai rata-rata kelas dari 57,4 menjadi 76,43, meningkat 19,03.
Kata Kunci : Motivasi, Hasil Belajar, CTL Bermuatan Karakter

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, Ridwan Sani. 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara.

Ahmadi,lif, Khiri. 2011. PAIKEM GEMBROT. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Anitah, Sri. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya

Daryanto. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta:Gava Media.

Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik. Yogyakarta :Gava Media.

Ismawati, Isti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta : Yama Pustaka

Keraf, Gorys. 1982. Eksposisi dan Deskripsi. Ende Flores: Nusa Indah.

Muslich, Mansur. 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan. Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara

Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Rohmadi,Muhammad.Subiyantoro Slamet. 2009. Bunga Rampai Model-model Pembelajaran Bahasa, Sastra, dan Seni. Surakarta:Yuma Pustaka

Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

_______. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sunarto. 2012. Icebreaker dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta:Cakrawa Media.

Suparno. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis: sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Widiasworo, Erwin. 2017. Masalah-Masalah Peserta Didik Dalam Kelas dan Solusinya. Yogyakarta: Araska.

Widoyoko, E.P. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yamin. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Unduhan

Diterbitkan

2019-04-05

Terbitan

Bagian

Artikel