KORELASI MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VI DI SEKOLAH DASAR NEGERI

Penulis

  • Moefty Mahendra
  • Setiyani Setiyani

DOI:

https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.184

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara motivasi belajar dengan prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas VI Semester II Sekolah Dasar Negeri Bugel 02 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Bugel 02 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo yang berjumlah 21 siawa, dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan statistik korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, ada korelasi positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar hipotesis antara X dengan Y diketahui nilai rhit > rtabel dengan nilai 0,874 > 0.602 dan taraf signifikan kurang dari 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa adanya korelasi signifikan antara motivasi belajar dengan nilai prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Namun masih banyak variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi nilai prestasi belajar.
Kata kunci: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, IPS

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdurrahman, M. 1993. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Cetakan Pertama. Jakarta: PT. Rineka Cipta dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Bahri, Syaiful Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gagne, Robert M and Leslie J. Briggs, 1978. Principles of Instructional Design. 2nd Ed, New York : Holt Rinehart and Winstons.

Hamdani, 2011.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Ngalim Purwanto. 1997. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Oemar Hamalik. 1992. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Aglesindo.

Poerwadarminta, W.J.S. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.Purwanto, M. Ng. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rifa’i, Ahmad dan Catharina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang : Universitas Negeri Semarang Press.

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi aksara.

Sardirman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto.2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugihartono, dkk. 2011. Psikologi Pendidikan. Yogjakarta: UNY Press

Suyahman. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Surakarta: Usaha Mandiri.

Suprijono. 2010. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Uno, H. B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Tengker, V. S.G., dan Jenny M., 2007, Pengaruh Motivasi Karir Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk), skripsi, Manado.

Trianto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Winataputra, Udin S. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winkel. 1986. Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Zainal Arifin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Islam

Unduhan

Diterbitkan

2019-04-05

Terbitan

Bagian

Artikel