MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Penulis

  • Joko Budiharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.189

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi Persamaan Linear dua Variabel siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 5 Sukoharjo semester I tahun pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VIII H SMP Negeri 5 Sukoharjo semester I tahun pelajaran 2017/ 2018 yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi.Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu70,0 mencapai ? 93%.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi Persamaan Linear dua Variabel siswa kelas VIII H SMP Negeri 5 Sukoharjo. Sebelum tindakan/prasiklus,hasil belajar siswa yang mencapai KKM 19 siswa atau 59,37%, pada siklus I, 23 siswa atau 71,87% dan pada siklus II, 30 siswa atau 93,75%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 69,69 setelah tindakan siklus I sebesar 72,0 dan setelah tindakan siklus II sebesar 81,87.
Kata Kunci: Model pembelajaran think pair share , hasil belajar matematika

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Maretanika Puspitasari. 2015. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think pair share untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII B Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) Negeri 2 Sidoharjo Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi: Univet Bantara Sukoharjo.

Pita Damayanti. 2013. Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika pada Pecahan dengan Metode Cooperative Learning Tipe Think pair share bagi siswa Kelas V SD Negeri 2 Setrorejo Baturetno Wonogiri Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi: Univet Bantara Sukoharjo.

Poerwodarminto.2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Unduhan

Diterbitkan

2019-02-28

Terbitan

Bagian

Artikel