Peningkatan Keterampilan Membaca Aksara Jawa Melalui Model Quantum Learning dengan Media Kartu Kata

Penulis

  • sutomo sutomo

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v5i1.2219

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca aksara jawa melalui model Quantum Learning di SD Negeri 1 Gidangelo Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020.  Tempat penelitian di SD Negeri 1 Gidangelo Jepara. Subjek penelitian adalah  siswa kelas III dengan jumlah 40 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan yang dilakukan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, lembar observasi/pengamatan dan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil prasiklus dengan siklus I, siklus II dan siklus III, dilanjutkan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan membaca aksara jawa melalui model Quantum Learning di SD Negeri 1 Gidangelo Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini terlihat dari hasil penelitian dan pembahasan prasiklus sampai siklus III.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-02-28

Terbitan

Bagian

Artikel