ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI ASRAMA KAMPUS ISB BENGKAYANG, KALIMANTAN BARAT
DOI:
https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v5i2.2495Kata Kunci:
Kehidupan Berasrama, Pendidikan KarakterAbstrak
Penelitian yang berlangsung di asrama Institut Shanti Bhuana ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Pendidikan karakter yang dijalankan oleh mahasiswa yang hidup berasrama. Metode yang diterapkan adalah metode kualitatif. Terdapat ada beberapa tahapan yang dilaksanakan yakni; pengambilan data melalui observasi, dan menyebarkan angket kepada mahasiswa asrama, kemudian dilanjutkan dengan wawancara. Terdapat 70 responden dalam pengambilan sampel yang terdiri dari tiga wisma: wisma Carlo Akutis, Wisma Maria, dan Wisma Theresia. Nilai karakter yang dianalisi yaitu: Nilai karakter tanggung jawab, nilai karakter cinta dan kasih sayang, nilai karakter disiplin, serta nilai karakter kepedulian.
Unduhan
Referensi
Ahmad, S. Z. (2018). PENGARUH KECERDASAN JAMAK DAN SEKOLAH BERASRAMA. Jurnal Pendidikan, 7(1).
Anjar, S., & Nasution, K. (2022). Upaya Penanaman PendidikanKarakterdi Sekolah DasarTelaah PendekatanStrukturalFungsionalTalcott Parsons. PUBLIKASI PENDIDIKAN DASAR, 4(1).
Arif, U. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER AKHLAK MULIA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERBASIS ASRAMA. Jurnal Teladan, 4(1).
Atikah, M., & Kamalia, N. (2020). REPRESENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI FILM DUA GARIS BIRU. Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1).
Deni sutisna, D. I. (2019, September). KETELADANAN GURU SEBAGAI SARANA PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2).
Endang, K. (2018, April). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1).
Eshthih, F. (2019, 4). Menumbuhkan Sikap Empati Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Sekolah Berasrama. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1).
Esmael, D. A., & Nafiah. (2018). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SEKOLAH DASAR KHADIJAH SURABAYA. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1).
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMAKNIKA, 21(1).
Fithriyana, E. (2019). Menumbuhkan Sikap Empati Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Sekolah Berasrama. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1).
Hana, H. (2017). PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI DENGAN SISTEM FULL DAY. Retrieved from UMN Institutional Repository: https://eprints.umm.ac.id/43767/
Khairuddin, A. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SANTRI DI PONDOK. JUrnal Komunikasi dan Pednidikan Islam, 9(1).
Muhammad, R. A. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1).
Mujadihatun, M., & Swarno. (2019). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, VI(1).
Mustika, F., & Sahudra, T. M. (2018). Peranan Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan. Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 10(2), 235-244.
Nurnilam, S., & Pasuhuk, N. D. (2020). Strategi Membangun Karakter Peduli Sesama di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Teruna Bhakti, 2(2).
Perdana, N. S. (2019). KETERCAPAIAN SEKOLAH BERASRAMA DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU DAN AKSES PENDIDIKAN ACHIEVEMENTS OF SCHOOL OF RELATIONSHIP IN EFFORTS TO IMPROVE QUALITY AND ACCESS OF EDUCATION. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(2).
Pertiwi, P. L. (2018). INTERNALISASI NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM SISTEM BOARDING SCHOOL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMP IT) AL BASHIROH TUREN-MALANG. Program Pascasarjana Universitas Islam Raden Rahmat Kepanjen Malang, 1(1).
Rayhan, P. (2019). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DI SEKOLAH PERSPEKTIF KEMENDIKNAS. Internasional Journal of Child and Gender Studies.
Risky, I. (2019). PERAN PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN QUALITY ASSURANCE PADA PAUD DI MATARAM. JUrnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).
Rosad, A. M. (2019, Desember). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah. Jurnam Keilmuan Manajeman Pendidikan, 5(2).
Siti, M. (2020). MODEL PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 18(1), 54-69.
Sofyan, R., Prasetiya, B., & Setiawan, B. A. (2019). Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Tasawuf Modern Hamka. JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM, 11(2), 397.
Sri, h. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 3(1).
Tnunay, I. A. (2022). Efektifitas Model Pendidikan Boarding School terhadap Peningkatan Karakter Kadet Mahasiswa Permesianan Kapal. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(1).
Wahyu, W. E. (2021). ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS, PEDULI SOSIAL,DAN PEDULI LINGKUNGAN TERHADAP KEDISIPLINAN (Studi Kasus Mahasiswa Administrasi PerkantoranPoliteknik LP3I Jakarta). Lentera Bisnis, 9(2).
Widayanti, W. P., Armawi, A., & Andayani, B. (2018). Wawasan Kebangsaan Siswa Sekolah Menengah Atas Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa (Studi Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Umum Berasrama Berwawasan Nusantara, SMA Umum Di Lingkungan Militer Dan SMA Umum Di Luar Lingkungan Militer Di K. Ketahanan Nasional, 24(1).
Widianing, O. J. (2018). Pendidikan Kristen di Sekolah: Sebuah Tugas Ilahi Dalam Memuridkan Jiwa. Jurnal Teologi Berita Hidup, 1(1).
Zainul, M., & Setiyowati, R. (2021). PEMBENTUKAN KARAKTER PADA SISWA DI SEKOLAH. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKN, 8(1).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
The copyright to this article is transferred to Jurnal DIKDAS BANTARA if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above mentioned paper in whole to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Komunikasi Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Komunikasi Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.