PENTINGNYA PENANAMAN PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v5i2.2499Kata Kunci:
Pendidikan Karakter, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini bermaksud untuk melihat betapa pentingnya menanamkan nilai-nilai sebuah pendidikan sikap / karakter pada anak sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu menggunakan penelitian kualitatif. Artikel ini ditulis menggunakan metode studi literatur. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa pentingnya menanamkan pendidikan yang mengarahak pada karakter pada anak di sekolah dasar, terutama pada anak di zaman sekarang ini. Penerapan pendidikan karakter pada anak sekolah dasar ini bermaksud supaya dapat membentuk suatu sikap / karakter pada anak sejak dini. Selain itu juga tujuan dari penanaman pendidikan yang berkarakter pada anak sekolah dasar ini yaitu untuk membentuk suatu karakter yang baik pada anak sekolah dasar, bisa saling menghormati dan saling bekerjasama. Nilai yang akan diterapkan pada penyelenggaraan pendidikan karakter pada anak sekolah dasar adalah religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Karakter peserta didik yang sudah dari awal atau sudah sejak dini terbentuk maka akan sangat dapat menentukan sebuah sikap yang baik dan berintegritas pada anak-anak bangsa di kemudian hari.
Unduhan
Referensi
Annisa, F. (2019). PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPILIN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Pendidikan dan Keguruan, 10(1), 1-6.
Auliyairrahmah, A., Djazilan, S., Nafiah, & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Integritas Sub Nilai Kejujuran melalui Program Kantin. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume, 3(6), 3565 - 3578.
Dirgantoro. (2021). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR. Jurnal LIterasi Pendidikan Dasar, 2(2), 41-46.
Hanik, E. U., Istiqomah, N., Hanifah, A. N., Trisnawati, W., & Syifa, L. (2021). Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Kedisiplinan Dalam Meningkatkan Hasil BelajarSiswa Sekolah Dasar. Journal of Empirical Studies on Social Science, 1(1), 14-19.
Hidayatullah, F. (2016). PENILAIAN PENDIDIKAN BERKARAKTER DALAM MEMBENTUK RASA NASIONALISME. Jurna Edukasi, 2(1), 69-82.
Indarwati, E. (2020). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Siswa SekolahDasar Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Media Manajemen Pendidikan, 3(2), 163-174.
Kharioni, & Mulianah. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 1(2), 82-89.
Kholifah, W. T. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserrta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan ramah anak. JURNAL PENDIDIKAN dan KONSELING, 2(1), 115-120.
Marjohan, & Afniyanti, R. (2018). Penerapan Nilai Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Kelas TinggiSekolah Dasar. JURNAL GENTALA PENDIDIKAN DASAR, 3(1), 111-126.
Maulana. (2019). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD. Jurnal Eduscience, 4(2), 74-80.
Muslim, A., Azizah, N., Supriatna, & Nurwulan, E. D. (2021). PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(1), 98-101.
Nuraeni. (2014). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Paedagogy, 1(2).
Pertiwi, R., Suchyadi, Y., Sumardi, & Rukmini. (2019). IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan dan Pnegajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 41-46.
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 38-50.
Rosidatun. (2019). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD. Jurna Eduscience, 4(2), 74-80.
Shoimah, L., Sulthoni, & Soepriyanto, Y. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Kajian Teknologi, 1(2), 169-175.
Sudaryanti. (2012). Pentingnya Pendidikan karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 11-19.
Sukma, & Hanifa, H. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI BUDAYA DI SEKOLAH. Jurnal Pendidikan Pancasia dan Kewarganegaraan, II(1), 1-9.
Tuasalamony, K., Hatuw, R. S., Susiati, Masniati, A., & Marasabessy, R. N. (2020). PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR NEGERI 5 NAMLEA. JURNAL PEDAGOGY, 7(2), 81-91.
Wiyani. (2020). PENTINGNYA PENDIDIKN KARAKTER UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 264-271.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
The copyright to this article is transferred to Jurnal DIKDAS BANTARA if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above mentioned paper in whole to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Komunikasi Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Komunikasi Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.