PENTINGNYA PENANAMAN PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Koleta Trivanila Bella Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Institut Shanti Bhuana, Bengkayang Kalimantan Barat
  • Pebria Dheni Purnasari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Institut Shanti Bhuana, Bengkayang Kalimantan Barat http://orcid.org/0000-0003-0042-2716
  • Yosua Damas Sadewo Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Institut Shanti Bhuana, Bengkayang Kalimantan Barat http://orcid.org/0000-0001-7708-0852

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v5i2.2499

Kata Kunci:

Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian ini bermaksud untuk melihat betapa pentingnya menanamkan nilai-nilai sebuah pendidikan sikap / karakter pada anak sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu menggunakan penelitian kualitatif. Artikel ini ditulis menggunakan metode studi literatur. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa pentingnya menanamkan pendidikan yang mengarahak pada karakter pada anak di sekolah dasar, terutama pada anak di zaman sekarang ini. Penerapan pendidikan karakter pada anak sekolah dasar ini bermaksud supaya dapat membentuk suatu sikap / karakter pada anak sejak dini. Selain itu juga tujuan dari penanaman pendidikan yang berkarakter pada anak sekolah dasar ini yaitu untuk membentuk suatu karakter yang baik pada anak sekolah dasar, bisa saling menghormati dan saling bekerjasama. Nilai yang akan diterapkan pada penyelenggaraan pendidikan karakter pada anak sekolah dasar adalah religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Karakter peserta didik yang sudah dari awal atau sudah sejak dini terbentuk maka akan sangat dapat menentukan sebuah sikap yang baik dan berintegritas pada anak-anak bangsa di kemudian hari.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Annisa, F. (2019). PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPILIN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Pendidikan dan Keguruan, 10(1), 1-6.

Auliyairrahmah, A., Djazilan, S., Nafiah, & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Integritas Sub Nilai Kejujuran melalui Program Kantin. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume, 3(6), 3565 - 3578.

Dirgantoro. (2021). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR. Jurnal LIterasi Pendidikan Dasar, 2(2), 41-46.

Hanik, E. U., Istiqomah, N., Hanifah, A. N., Trisnawati, W., & Syifa, L. (2021). Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Kedisiplinan Dalam Meningkatkan Hasil BelajarSiswa Sekolah Dasar. Journal of Empirical Studies on Social Science, 1(1), 14-19.

Hidayatullah, F. (2016). PENILAIAN PENDIDIKAN BERKARAKTER DALAM MEMBENTUK RASA NASIONALISME. Jurna Edukasi, 2(1), 69-82.

Indarwati, E. (2020). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Siswa SekolahDasar Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Media Manajemen Pendidikan, 3(2), 163-174.

Kharioni, & Mulianah. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 1(2), 82-89.

Kholifah, W. T. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserrta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan ramah anak. JURNAL PENDIDIKAN dan KONSELING, 2(1), 115-120.

Marjohan, & Afniyanti, R. (2018). Penerapan Nilai Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Kelas TinggiSekolah Dasar. JURNAL GENTALA PENDIDIKAN DASAR, 3(1), 111-126.

Maulana. (2019). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD. Jurnal Eduscience, 4(2), 74-80.

Muslim, A., Azizah, N., Supriatna, & Nurwulan, E. D. (2021). PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(1), 98-101.

Nuraeni. (2014). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Paedagogy, 1(2).

Pertiwi, R., Suchyadi, Y., Sumardi, & Rukmini. (2019). IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan dan Pnegajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 41-46.

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 38-50.

Rosidatun. (2019). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD. Jurna Eduscience, 4(2), 74-80.

Shoimah, L., Sulthoni, & Soepriyanto, Y. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Kajian Teknologi, 1(2), 169-175.

Sudaryanti. (2012). Pentingnya Pendidikan karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 11-19.

Sukma, & Hanifa, H. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI BUDAYA DI SEKOLAH. Jurnal Pendidikan Pancasia dan Kewarganegaraan, II(1), 1-9.

Tuasalamony, K., Hatuw, R. S., Susiati, Masniati, A., & Marasabessy, R. N. (2020). PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR NEGERI 5 NAMLEA. JURNAL PEDAGOGY, 7(2), 81-91.

Wiyani. (2020). PENTINGNYA PENDIDIKN KARAKTER UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 264-271.

Diterbitkan

2022-06-11

Terbitan

Bagian

Artikel